Jakarta (ANTARA News) - Apple memperkenalkan simbol ekspresi wajah atau emoticon dengan beragam ras yang menampilkan berbagai warna kulit.

Emoticon yang dihadirkan untuk sistem operasi OS X tersebut, menyertakan karakter dalam lima warna kulit berbeda berdasarkan skala Flitzpatrick, suatu standar dermatologist yang digunakan untuk menghapuskan ikon-ikon rasial.

Menurut laman Digital Spy, usulan untuk menghadirkan emoticon beragam ras ini diumumkan tahun lalu oleh Unicode Consortium, yaitu sebuah badan industri yang menuntut pengembangan standar perangkat lunak.

Sebelumnya, emoticon Apple hanya memiliki tiga karakter untuk mewakili orang-orang non-barat, namun dalam update terbaru, akan diperkenalkan 300 simbol tambahan.

Emoticon dengan warna kulit kuning cerah juga disertakan. Karakter yang mengenakan topi bergaya Tionghoa juga telah didesain ulang dengan ukuran mata yang sama dengan emoticon lain.

Apple juga menambahkan karakter yang menunjukkan hubungan sesama jenis, termasuk keluarga dengan dua ibu atau dua ayah.

Emoticon baru akan mencakup sejumlah bendera negara tambahan, simbol untuk Apple Watch dan iPhone 6. Versi pra-rilis OS X 10.10.3 saat ini sedang dalam pengujian beta, dan akan dirilis ke publik.

Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015