Saya mempunyai visi misi nasional, yaitu penguatan dan optimalisasi potensi pemuda Indonesia wujudkan NKRI sebagai poros maritim dunia. Intinya saya ingin buat pemuda Indonesia maju."
Jayapura (ANTARA News) - Arnold Udam, salah satu putra terbaik Papua menyatakan diri siap bersaing dalam bursa pencalonan ketua umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pada Kongres XIV yang sementara berlangsung di GOR Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua.

Pernyataan itu disampaikan Arnold Udam yang juga Ketua DPP KNPI Korwil Papua saat menggelar jumpa pers di salah satu hotel ternama di Kota Jayapura, Papua, Rabu malam.

"Saya mempunyai visi misi nasional, yaitu penguatan dan optimalisasi potensi pemuda Indonesia wujudkan NKRI sebagai poros maritim dunia. Intinya saya ingin buat pemuda Indonesia maju," kata Arnold Udam ketika didampingi ketua tim pemenangan I Ketut Guna Artha dan rekan-rekannya.

Pada kongres kali ini, Udam mengatakan ia ingin menunjukkan kepada pemuda Indonesia bahwa anak-anak Papua juga pantas untuk bersaing dalam bursa pencalonan Ketua Umum KNPI. "Saya siap berkongres dengan seluruh pemuda bangsa Indonesia, dengan ide dan sejumlah gagasan. Apa lagi kongres dilaksanakan di Papua dan merupakan momentum sejarah bagi pemuda-pemudi bangsa Indonesia," katanya.

Menurut dia, kongres KNPI di Papua adalah sesuatu yang sangat menomental dalam peradaban khusus kebangkitan pemuda nasional di bangsa ini. "Dimana saat itu pada 28 Oktober 1928 kalangan muda dari Jong Java, Jong Ambon, jong Batak dan Jong Sumatera dan lain-lain bersatu dan menjadi satu," katanya.

Ditambah lagi, lanjut Udam, Papua menjadi tempat berlangsungnya kongres ke XIV, tentunya kepercayaan yang besar telah diberikan para pemuda di bangsa ini, terutama untuk pengembangan anak-anak Papua.

"Saya pribadi dan mewakili anak-anak papua, kami sangat bangga dan berbesar hati atas kesempatan ini. Dan kepada Gubernur kami ucapkan terima kasih yang sudah mendukung dengan misi nasional dan visioner yang diberikan dalam menyiapkan anak-anak Papua," katannya

Mengenai dukungan yang akan didapatkannya pada Kongres XIV KNPI, Udam mengklaim mendapatkan dukungan lebih dari kouta yang ada di dalam persyaratan. "Untuk dukungan, tentunya saya sudah punya," kata Arnold Udam.

Sementara itu Ketua Tim Pemenangan Arnold Udam sebagai Ketua Umum KNPI, I Ketut Guna Artha mengatakan bawa kandidatnya itu sangat memahami organisasi kepemudaan sehingga diyakini bisa menjadi pembaharuan bagi generasi muda Indonesia.

"Dalam kongres itu biasanya akan berkembang berbagai dinamika, saya meyakini Bung Udam akan menjadi salah satu kandidat yang diperhitungkan," katanya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015