Barcelona (ANTARA News) - Juara dunia dua kali Formula 1 Fernando Alonso telah meninggalkan rumah sakit, menyusul kecelakaan yang dideritanya pada sesi tes di Barcelona akhir pekan silam, demikian diumumkan timnya McLaren pada Rabu.

"Kami gembira untuk mengonfirmasi bahwa Fernando Alonso sekarang telah meninggalkan rumah sakit. Ia telah kembali ke rumah keluarganya di Spanyol untuk beristirahat lebih lanjut dan memulihkan diri," demikian pernyataan McLaren, lapor AFP.

Tim yang bermarkas di The Woking juga mengonfirmasi bahwa Alonso tidak akan membalap pada tes pra musim terakhir selama empat hari yang berlangsung pada pekan ini, yang dimulai di Barcelona pada Kamis.

"Sebagai hasilnya, ia akan absen pada tes musim dingin terakhir pada pekan ini, di mana ia berbagi tugas mengemudi dengan Jenson Button."

"Kevin Magnussen, pebalap penguji McLaren-Honda sekaligus pebalap cadangan, akan menggantikannya."

Alonso menabrak dinding setelah hanya menyelesaikan 20 putaran pada Minggu dan segera dibawa ke rumah sakit di bawah pengaruh obat penenang.

Pebalap Spanyol berusia 33 tahun itu mengalami gegar otak namun McLaren berkata bahwa pemindaian yang dilakukan terhadap juara dunia 2005 dan 2006 itu "sangat normal."

Tim menyalahkan angin kencang sebagai penyebab kecelakaan itu dan membantah bahwa terdapat masalah mekanis dengan mobil MP4-30.

McLaren mendapat serangkaian hantaman pada sesi tes menjelang musim baru, yang akan dimulai dengan Grand Prix Australia pada 15 Maret.

Setelah delapan hari melakukan tes, McLaren hanya menyelesaikan kurang dari pencapaian yang ditorehkan tim lain di grid, dan hampir kurang lima kali lipat dari juara bertahan Mercedes.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015