Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga Ketua Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy menyatakan hasil survei Center for Strategic and Internasional Studies (CSIS) semakin membuktikan bahwa Hatta Rajasa memiliki peluang besar menjadi ketua umum PAN periode 2015-2020.

Hasil survei CSIS yang dipublish hari ini, Hatta Rajasa mengungguli calon ketua umum PAN, Zulkifli Hasan. Untuk tingkat kabupaten/kota, Hatta mendapat 42,77 persen dan untuk tingkat provinsi, kekuatan Hatta dan Zulkifli Hasan sama, yakni 36,24 persen.

"Kalau menurut hemat saya, saya yakin, jumlahnya lebih tinggi dari idari 42,77 persen untuk Hatta Rajasa," kata Tjatur di Jakarta, Kamis.

Ia menyebutkan ada beberapa indikator tingginya perolehan suara Hatta. Pertama, dari jumlah pemilih Hatta yang sudah berdatangan di Bali, jauh lebih banyak dibanding pemilih Zulkifli Hasan yang saat ini berkumpul di Yogyakarta.

"Indikasi lainnya, Muhammadiyah sudah mendukung Hatta Rajasa, begitu juga dengan generasi Muhammadiyah," ujarnya.

"Orang yang memilih Pak Hatta adalah pemilih loyal, tidak karena sesuatu dan lain hal," katanya menambahkan.

Meskipun demikian, kubu Hatta akan terus mengamati dan menjaga agar suara pemilih loyal tersebut tidak "raib" saat pelaksanaan kongres nanti.

"Kita harus maintance menjaga dengan memberikan informasi yang benar tentang kesukesanan Hatta dalam memimpin PAN," demikian Tjatur.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015