Dari pimpinan PAN di 26 provinsi, masing-masing Hatta dan Zulkifli memperoleh dukungan dari 13 provinsi
Jakarta (ANTARA News) - Lembaga penelitian Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menyatakan Kongres IV PAN di Bali yang akan diikuti calon petahana Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan bak pertarungan antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Amien Rais.

"Tinggal siapa dari dua kekuatan besar ini, apakah pak SBY atau pak Amien Rais yang menang," kata peneliti CSIS Arya Fernandes dalam acara pemaparan hasil Sensus Nasional Partai Politik di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan baik Hatta Rajasa selaku besan dari SBY maupun Zulkifli Hasan yang merupakan besan Amien Rais, keduanya memperoleh dukungan yang sama besar di tingkat provinsi.

Berdasarkan sensus CSIS terhadap Ketua DPD dan DPW PAN se-Indonesia, Hatta dan Zulkifli masing-masing mengantongi dukungan 13 provinsi.

"Dari pimpinan PAN di 26 provinsi, masing-masing Hatta dan Zulkifli memperoleh dukungan dari 13 provinsi. Sedangkan beberapa provinsi sisanya menyatakan tidak tahu," kata dia.

Namun demikian, CSIS menyebut Hatta lebih unggul di tingkat DPD kabupaten/kota. Dari total 484 Ketua DPD PAN kabupaten/kota, mayoritas di antaranya mendukung Hatta Rajasa.

Arya mengatakan 42,27 persen pimpinan DPD PAN Kabupaten/Kota memilih Hatta Rajasa, 38,64 pimpinan memilih Zulkifli Hasan dan sisanya memilih nama-nama lain.

Namun dia mengatakan hasil itu merupakan hasil sementara, karena pertarungan masih akan berlangsung dalam dua hari menjelang Kongres IV PAN diselenggarakan, dan peta kekuatan masih mungkin berubah.

"Masih tersisa dua hari tiga malam, kalau ada badai kuat bisa berubah," ujar Arya.

Sementara itu terkait komunikasi politik ke daerah, mayoritas Ketua DPD dan DPW PAN se-Indonesia menyatakan komunikasi Hatta Rajasa dipandang lebih baik ketimbang Zulkifli Hasan. 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015