Jakarta (ANTARA News) - Pelaksanaan puncak haji masih lama yakni diperkirakan pada tanggal 22 September 2015, namun  Kementerian Agama telah membuat rencana perjalanan haji (RPH) 1436H/2015M.

Menurut RPH yang diperoleh Kamis, proses penyelenggaraan haji 2015 dimulai 20 Agustus dan berakhir 26 Oktober.

Berdasarkan rencana itu, pada 20 Agustus, calon jemaah haji sudah masuk asrama haji dan satu hari kemudian (21 Agustus) merupakan awal pemberangkatan calon jemaah haji gelombang I dari Tanah Air ke Madinah.

Selanjutnya tanggal 04 September merupakan awal keberangkatan calon jemaah haji gelombang ke II dari Tanah Air menuju Jeddah.

Akhir keberangkatan jemaah haji gelombang II, yang berarti seluruh jemaah haji sudah diberangkatkan ke Tanah Suci, akan dilakukan pada 17 September. Pada tengah malam hari ini juga merupakan closing date Bandara Internasional King Abdul Aziz, yang artinya sudah tidak ada lagi penerbangan setelahnya yang terkait penerbangan haji.

Berdasarkan penyelenggaraan sebelumnya, jemaah haji gelombang pertama ditempatkan dulu di Madinah lalu diberangkatkan ke Makkah sebelum proses ibadah haji di Armina (Arafah, Muzdalifah dan Mina).

Sementara jemaah haji gelombang kedua langsung ditempatkan di Makkah dan baru kemudian diberangkatkan ke Madinah setelah proses ibadah haji selesai. Artinya, beberapa hari sebelum ibadah haji, seluruh jemaah haji berada di Kota Makkah.

Sementara itu Wukuf di Arafah, yang merupakan puncak haji, diperkirakan akan jatuh pada Selasa, 22 September. Pada saat ini seluruh jemaah haji, yang jumlahnya jutaan, berkumpul di Padang Arafah, sejak Zuhur hingga petang hari antara lain melakukan dzikir, istighfar dan doa baik untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain. Biasanya, jemaah haji Indonesia telah tiba di Arafah satu hari sebelumnya.

Setelah wukud di Arafah, proses ibadah haji selanjutnya adalah bermalam di Muzdalifah dan melempar jumrah di Mina.

Awal pemulangan jemaah haji gelombang I dari Jeddah ke Tanah Air akan dilakukan pada 29 September, dan akhir kedatangan jemaah haji gelombang II dari Madinah ke Tanah Air, yang artinya seluruh jemaah haji Indonesia sudah dipulangkan, akan dilakukan pada 26 Oktober.

Pada 2014, jumlah kuota jamaah haji Indonesia sebanyak 168.800 oranag yang terdiri atas 155.200 jemaah haji reguler dan 13.600 jemaah haji khusus.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015