Cimahi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, meluncurkan kartu anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Sampah Induk Cimahi atau Bank Samici untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi hasil penjualan sampah.

"Nasabah Bank Samici dalam bertransaksi dan menarik uang tabungannya dimanapun, kapanpun waktunya tanpa harus datang ke kantor Bank Samici," kata Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto saat peringatan hari peduli sampah nasional di SMA Santa Maria Cimahi, Kamis.

Ia mengatakan nasabah bisa mendapatkan kartu ATM dengan datang langsung ke Bank Samici. "Saat ini nasabah bank sampah sudah mencapai 300," tambah dia.

Masyarakat Kota Cimahi, ia menjelaskan, bisa menjadi nasabah Bank Samici dengan menjual sampah tertentu ke bank sampah tersebut.

Menurut dia, ada 40 jenis sampah anorganik yang dapat diterima Bank Samici termasuk di antaranya plastik, kertas, logam, dan kaca.

"Kita juga menerima ban bekas," katanya.

Dalam rangkaian peringatan hari peduli sampah nasional itu juga dilakukan peluncuran Sistem Informasai Managemen Bank Sampah (SiMbah) yang digunakan oleh Bank Samici untuk terkoneksi dengan unit-unit bank sampah lainnya.

Wakil Wali Kota Cimahi juga meresmikan gedung baru Bank Sampah Unit SMA Santa Maria 3 Cimahi, yang merupakan unit bank sampah kedelapan dari 36 bank sampah di Kota Cimahi.


Pewarta: Feri Purnama
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015