Solo (ANTARA News) - Museum tertua di Indonesia Radyapustaka Solo, Jateng, kini melayani "Ramalan Zodiak Berdasarkan Primbon Jawa" dalam rangka untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun dalam negeri.

Melalui ramalan Zodiak ini diharapkan akan banyak wisatawan yang datang ke Solo, kata Koordinator MItra Museum Radyapustaka Solo Ronggo Djati Sugiatno di Solo, Kamis.

Ia mengatakan pelayanan ramalan Zodiak itu diberikan pada setiap hari kerja yaitu Selasa sampai Minggu yang dibuka dari pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB, kecuali Senin libur.

Dikatakan ramalan Zodiak ini akan melayani mengenai perbintangan, sampai mencari hari baik untuk orang punya hajad seperti pernikahan, mendirikan rumah, membuka usaha dan lain-lain.

"Memang semua hari itu baik, tetapi ada yang lebih baik lagi bagi mereka yang percaya dengan perhitungan ramalan Zodiak," katanya.

Ronggo mengatakan ramalan Zodiak ini tidak menyangkut hal tersebut saja, tetapi juga bisa untuk para petani yang akan memulai menanam padi, jagung dan lain-lain dan ramalan itu ada di "Buku Among Tani dengan tulisan Bahasa Jawa tahun 1870,".

Ia mengatakan naskah-naskah Jawa Kuno yang tersimpan di Museum Radyapustaka ini jumlahnya cukup banyak, dan ini satu persatu mulai dipelajari dan dimanfaatkan untuk masyarakat.

Ketua Komite Museum Radyapustaka Solo Purnomo Subagio mengatakan di museum ini mempunyai koleksi naskah kuno 377 buah dan naskah Jawa cetak 1.054 buah, sebagian besar masih tersimpan rapi di almari buku dan belum banyak diungkap mengenai isi naskah tersebut.

"Kami berharap melalui legiatan-kegiatan tersebut sedikit-sedikit bisa diungkap bagi mereka yang percaya silahkan untuk datang," katanya.

Pewarta: Joko Widodo
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015