Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Umum PAN Dradjat Wibowo meyakini Hatta Rajasa menang telak saat pemilihan Ketua Umum PAN periode 2015-2020 di Kongres IV PAN di Bali pada 28 Februari - 3 Maret 2015.

"Hasil head count yang kami lakukan lebih tinggi dibandingkan survei CSIS sehingga insya Allah bang Hatta terpilih lagi dengan kemenangan telak," kata Dradjad melalui pesan Blackberry di Jakarta, Kamis.

Dia mengaku telah melakukan headcount dengan kehadiran setiap pemegang hak suara pemilih Hatta Rajasa. Menurut dia setiap pemilik hak suara itu sudah diverifikasi statusnya sebagai peserta kongres.

"Jadi bukan hanya laporan saja, tapi secara fisik pemegang hak suara hadir di dalam ruangan. Masing-masing mereka juga sudah diverifikasi statusnya sebagai peserta kongres," ujar dia.

Dia menjelaskan yang hadir tadi masih akan bertambah karena sebagian masih dalam perjalanan dan belum lagi ditambah dengan pemilih yang hadir di Yogyakarta namun sudah memastikan bergabung.

Menurut dia para pemilik suara tersebut telah mendengar hasil headcount yang dilakukan di Bali.

"Jadi suara riil, bukan klaim dari si A atau si B," klaim dia.

Dia menilai hasil survei CSIS terlalu rendah dari pada realitas lapangan. Menurut dia para pemilih berterima kasih kepada Hatta Rajasa karena PAN memperoleh suara tertinggi dalam periode kepemimpinannya.

"Di kepemimpinan Bang Hatta, PAN memperoleh suara tertinggi dalam sejarah partai yaitu 7,59 persen. Hasil itu bahkan lebih tinggi dari perolehan suara di 1999 ketika PAN menikmati euforia reformasi," ujar dia.

Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menyatakan mayoritas pimpinan DPD PAN di kabupaten/kota akan mendukung Hatta Rajasa dalam Kongres IV di Bali akhir pekan ini.

"Dari total 484 Ketua DPD PAN kabupaten/kota menunjukkan dukungan sementara terhadap Hatta Rajasa masih di atas angin," kata peneliti CSIS Arya Fernandes dalam pemaparan hasil Sensus Nasional Partai Politik di Jakarta, Kamis (26/2).



Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015