Pada set kedua, saya merasa lebih nyaman dan saya dapat lebih banyak menyerang
Buenos Aires (ANTARA News) - Petenis unggulan teratas Rafael Nadal mengatasi rasa gugup untuk maju ke perempat final turnamen ATP Argentina Open pada Rabu waktu setempat, dengan mencatat kemenangan 6-4, 6-0 atas petenis kualifikasi asal Argentina Facundo Arguello.

Nadal, peringkat empat dunia, membutuhkan waktu 64 menit untuk memenangi pertandingan pertama pada turnamen lapangan tanah liat itu, untuk bertemu dengan Federico Delbonis pada pertandingan berikutnya.

Kemenangan ke-714 petenis Spanyol itu menempatkannya di posisi ke-10 dalam daftar sepanjang masa di Open Era, di atas Boris Becker.

Nadal mengaku dia merasa sedikit gugup pada pertandingan pertama di Buenos Aires setelah dikalahkan di semifinal oleh petenis Italia Fabio Fognini di Rio pekan lalu.

"Tidak mudah untuk memulai saat anda menelan kekalahan sebuah pertandingan seperti yang saya alami di Rio de Janeiro," katanya sebagaimana dikutip AFP. "Saya memulai pertandingan dengan sedikit gugup, dan Arguello bermain sangat bagus pada set pertama."

"Pada set kedua, saya merasa lebih nyaman dan saya dapat lebih banyak menyerang," katanya.

Kekalahan Nadal oleh Fognini -- yang mengakhiri 52 kemenangan semifinal lapangan tanah liat selama 12 tahun -- membuat petenis Spanyol itu turun dari peringkat tiga ke posisi keempat dunia, untuk pertama kalinya dia tidak masuk tiga besar sejak Agustus 2013.

Pekan ini dia sedang berusaha untuk mempertegas kembali dominasinya di lapangan tanah liat. Dia hanya terpaut satu gelar lapangan tanah liat dari rekor 46 gelar Guillermo Vilas pada turnamen di permukaan lapangan jenis itu.

Delbonis, dalam sebuah pertandingan ulangan final Sao Paulo tahun lalu, sekali lagi mengalahkan petenis Italia Paolo Lorenzi 6-4, 6-2.

Unggulan ketiga Pablo Cuevas mencapai perempat final ketiganya secara beruntun dengan kemenangan 7-6 (7/4), 6-1 atas Guido Andreozzi.

Cuevas melepaskan tujuh ace untuk mengalahkan petenis wild card lokal itu. Pada pertandingan berikutnya dia akan menghadapi petenis favorit tuan rumah Juan Monaco, yang menyisihkan petenis senegaranya, unggulan kelima Leonardo Mayer 6-4, 6-4.

(Uu.I015) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015