Beirut (ANTARA News) - Kelompok militan ISIS telah menculik paling sedikit 220 orang dari desa-desa Kristen Asiria di Suriah bagian timur laut dalam tiga hari ofensif mereka, kata Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) seperti dikutip Reuters.

SOHR mengatakan penculikan itu terjadi ketika ISIS menduduki 10 desa yang dihuni warga minoritas Kristen Asiria dekat Hasaka yang mayoritas didiami warga Kurdi, dalam kurun tiga hari.

Ratusan warga Kristen kini mengungsi ke dua kota besar di provinsi Hasaka, kata Dewan Nasional Suriah yang adalah kelompok Kristen Suriah.

"ISIS kini menguasai sepuluh desa Kristen," kata ketua SOHR Rami Abdulrahman. "Mereka membawa orang-orang yang mereka culik dari desa-desa itu ke wilayah mereka," kata dia.

ISIS belum mengklaim kabar penculikan ini, namun ISIS memang kerap membunuh warga minoritas dan warga Sunni yang menolak bersumpah setia kepada mereka.

Pekan lalu ISIS merilis video pemenggalan 21 warga Kristen Koptik Mesir di Libya.

Penculikan yang terjadi di Suriah dilakukan setelah pasukan Kurdi bergerak maju mendesak ISIS ke perbatasan Irak-Suriah, padahal ini adalah wilayah vital bagi ISIS yang menghungkan daerah-daerah Suriah dan Irak yang dikuasainya, demikian Reuters.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015