Karawang (ANTARA News) - Pelaksanaan Ujian Nasional secara online yang akan digelar di SMA Negeri I Kabupaten Karawang, Jawa Barat, masih terkendala keterbatasan komputer.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang Nandang Mulyana, Kamis, mengatakan, SMA Negeri I Karawang telah ditetapkan untuk menggelar Ujian Nasional online.

Hal tersebut sesuai dengan penunjukkan Kementerian Pendidikan melalui surat Dinas Pendidikan Provinsi Jabar terkait Ujian Nasional online tahun 2015.

Saat ini, SMA Negeri I Karawang masih mengalami kendala untuk menggelar Ujian Nasional online, April 2015. Diantara kendalanya, keterbatasan komputer.

"Sekarang saja masih kekurangan 55 unit dari total 100 unit komputer yang dibutuhkan untuk memfasilitasi 290 siswa peserta UN online," kata dia.

Meski begitu, kendala kekurangan komputer itu akan diantisipasi dengan cara meminjam komputer dari beberapa sekolah yang lokasinya berdekatan dengan SMA Negeri I Karawang.

Komputer yang akan dipinjamkan untuk digunakan pada UN nasional akan disesuaikan dengan standar yang telah ditentukan.

Siswa SMA Negeri I Karawang yang akan mengikuti UN online sekitar 290 orang. Sedangkan fasilitas komputer yang dimiliki sekolah itu hanya 45 unit komputer.

Dalam ketentuannya, salah satu syarat UN online ialah, rasio jumlah komputer di sekolah dengan siswa harus 1:3. Jadi jika sekolah memiliki siswa 300 orang yang akan mengikuti UN, maka sekolah harus menyediakan 100 unit komputer.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015