Paris (ANTARA News) - Tolgay Arslan menjadi pahlawan ketika Besiktas menyingkirkan Liverpool dari Liga Europa melalui adu penalti pada Kamis (Jumat WIB).

Tim Turki itu menghadapi pertandingan ini setelah kalah 0-1 pada pertandingan pertama, namun Arslan mencetak satu-satunya gol di Stadion Olimpik Ataturk dan kemudian, menyusul perpanjangan waktu yang tidak menghasilkan gol, ia mencetak penalti penentu kemenangan sebelum eksekusi Dejan Lovren untuk Liverpool melambung di atas gawang.

Dengan pertandingan berat melawan Manchester City pada Liga Utama Inggris di Anfield yang akan dimainkan Minggu, ini merupakan skenario terburuk bagi pelatih Liverpool Brendan Rodgers.

Bukan hanya karena timnya harus bermain selama 120 menit, namun juga adu penalti yang menguras kekuatan mental dan kekalahan yang mengikis moral setelah sebelumnya mereka harus melakukan perjalanan panjang ke Istambul.

Besiktas mampu menyamai skor agregat pada menit ke-72, ketika tembakan Arslan, yang mendapat umpan sepakan tumit dari penyerang Senegal Demba Ba, yang menjadi salah satu sosok di balik kegagalan Liverpool meraih gelar musim lalu ketika golnya, menyusul terpelesetnya Steven Gerrard, turut membawa Chelsea menang 2-0 di Anfield yang memangkas keunggulan Si Merah atas tim juara Manchester City di liga.

Dengan penalti yang berada dalam skor imbang 4-4 setelah semua penendang sukses menjalankan tugasnya, Arslan mampu menunaikan tanggung jawabnya. Lovren kemudian menjadi algojo bagi Liverpool, namun sepakannya yang melambung tinggi, membuat para penggemar berlari memasuki lapangan untuk merayakan kemenangan.

Juara bertahan Sevilla juga melaju ke putaran 16 besar berkat kemenangan 3-2 di markas Borussia Moenchengladbach pada Kamis, demikian lapor AFP.

Machin Vitolo mencetak dua gol ketika tim Liga Spanyol itu menang agregat 4-2 setelah memenangi pertandingan pertama di Andalusia dengan skor 1-0.

Borussia tidak menyerah begitu saja, mereka dua kali bangkit dari ketinggalan -- gol bunuh diri Martin Sranzi membuka keunggulan lawan -- melalui Granit Xhaka dan Thorgan Hazard, sebelum gol kedua Vitolo memastikan tidak ada kemenangan dramatis bagi tim Jerman itu.



Perjudian Spurs menuai kegagalan


Perjudian Mauricio Pochettino untuk mengistirahatkan sejumlah pemain intinya, termasuk penyerang bintang Harry Kane, berbuah pahit ketika Tottenham Hotspur disingkirkan Fiorentina.

Dengan satu mata menatap ke final Piala Liga melawan Chelsea yang akan dimainkan pada Minggu, Pochettino melakukan tujuh perubahan di tim yang tampil sejak awal saat melawan West Ham Minggu lalu.

Penyerang veteran Jerman Mario Gomez dan Mohamed Salah mencetak gol-gol saat Fiorentina menang 2-0 di Florence, untuk melaju dengan kemenangan agregat 3-1.

Namun hasilnya mungkin akan berbeda jika pengganti Kane, Roberto Soldado, tidak menyia-nyiakan peluang pada babak pertama, sebelum Fiorentina mengemas dua gol pada babak kedua.

Soldado berlari mengejar umpan terobosan dari Erik Lamela, di mana Nacer Chadli bergabung dengannya untuk menghindari perangkap offside.

Berada dalam kedudukan dua lawan satu dengan kiper Neto, Soldado melakukan kesalahan saat mengirim operan kepada Chadli, sehingga kiper Fiorentina dapat menguasai bola dan mencegah terjadinya gol.

Everton merupakan satu-satunya wakil Inggris yang tersisa di kompetisi ini setelah melengkapi kemenangan besar mereka atas Young Boys.

Setelah mencatatkan trigol saat menang 4-1 di Swiss pekan silam, penyerang Belgia Romelu Lukaku mencetak dua gol lagi saat timnya menang 3-1 di Goodison Park, yang mengamankan kemenangan agregat 7-2.

Roma melaju melalui kemenangan agregat 3-2 setelah menang 2-1 di markas Feyenoord pada pertandingan yang dua kali dihentikan wasit -- yang terjadi setelah aksi kekerasan oleh para penggemar Feyenoord di Roma pekan lalu, pertandingan kali ini pun diwarnai masalah keributan penonton.

Kejadian pertama terjadi sebelum turun minum ketika pisang plastik dilemparkan ke lapangan, dengan tertuju pada sejumlah pemain Roma.

Kemudian, setelah Mitchell te Vrede diusir keluar lapangan pada menit ke-60, para penggemar Feyenoord melemparkan berbagai benda ke lapangan dan wasit meminta para pemain meninggalkan lapangan selama 15 menit.

Gol-gol dari Adem Ljajic dan Gervinho pada masing-masing babak, hanya mampu dibalas Elvis Manu dengan satu gol untuk membuat tim Italia itu berhak melaju.

Fredy Guarin mencetak gol kemenangan untuk Inter Milan ketika pasukan Roberto Mancini lolos ke putaran 16 besar dengan kemenangan agregat 4-3 atas Celtic yang mengakhiri pertandingan dengan sepuluh pemain, di mana Virgil van Dijk diusir keluar lapangan.

Ini merupakan hari yang bagus bagi tim-tim Italia, ketika Napoli dan Torino menyingkirkan Trabzonspor dan Athletic Bilbao.

Zenit St Peterseburg melengkapi kemenangan meyakinkan atas PSV Eindhoven, serta Ajax mengalahkan Legia Warsawa.

Villarreal mengalahkan Salzburg, sedangkan Dinamo Moscow dan Dynamo Kiev melaju setelah mereka menyingkirkan Anderlecht dan Guingamp.

VfL Wolfsburg mengalahkan Sporting Lisbon, Club Brugge menyingkirkan AaB, dan Dnipro mengatasi Olympiakos.

(Uu.H-RF)



Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015