Denpasar (ANTARA News) - Adanya wacana bebas visa bagi wisatawan Jepang yang berlibur ke Bali serta didukung penerbangan langsung dari negeri Sakura ke Denpasar pergi pulang memberikan dampak positif karena wisatawan negara itu melonjak datang berlibur ke Pulau Dewata.

"Kedatangan pelancong asal Jepang di awal tahun 2015 ada kenaikan hingga 25 persen dan ini merupakan sesuatu yang baik, karena sebelumnya jumlahnya selalu melorot," kata

salah seorang pemandu wisata khusus berbahasa Jepang, Made Sutarka di Denpasar, Jumat.

Masyarakat Jepang tampaknya sudah kembali datang beramai-ramai melakukan perjalanan wisata ke Pulau Dewata, hal itu terlihat dari data kunjungan turis asing ke daerah yang jumlahnya mengalami peningkatan di awal tahun ini.

Sesuai catatan Dinas Pariwisata Bali terakhir menyebutkan bahwa turis Jepang yang datang langsung dari negerinya ke Pulau Dewata sebanyak 17.946 orang selama Januari 2015, atau bertambah 25,88 persen jika dibandingkan periode yang sama 2014 hanya 14.256 orang.

Kehadiran masyarakat Jepang ke Bali sebanyak itu berada di urutan ketiga setelah Australia dan Tiongkok sehingga peranannya 5,95 persen dari jumlah kedatangan turis asing ke Bali periode Januari 2015 sebanyak 301.618 orang.


Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015