Lagos (ANTARA News) - Ledakan mengguncang satu tempat parkir kendaraan bermotor di Kota Jos, bagian tengah-utara Nigeria.

Ledakan tersebut terjadi di tempat parkir Jalan Bauchi di Jos, dan banyak orang dikhawatirkan tewas.

Seorang saksi mata yang bernama Dalap Tanyong mengatakan ledakan itu telah menewaskan sejumlah orang, melukai beberapa dan menghancurkan banyak kendaraan.

Peristiwa itu terjadi hanya beberapa jam setelah seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan diri di Kota Biu, bagian timur-laut negeri itu, kata beberapa saksi kepada Xinhua, Kamis.

Juru Bicara Polisi Negara Bagian Abuh Emmanuel, yang mengkonfirmasi ledakan tersebut, tak bisa memastikan jumlah korban.

"Saya baru saja diberitahu mengenai peristiwa itu, kami telah mengerahkan personel kami ke lokasi. Untuk saat ini, saya tak bisa memberitahu kalian jumlah korban jiwa," kata juru bicara polisi tersebut, sebagaimana dikutip Xinhua.

Seorang saksi mata lain mengatakan beberapa pelaku yang menaiki mobil meledakkan bom dan melarikan diri dari tempat tersebut.

"Jumlah korban jiwa mungkin banyak, sebab itu terjadi dua kali di tempat sibuk, tempat parkir Jalan Bauchi, sekitar pukul 18.45 waktu setempat. Yang pertama meledak di tempat parkir utama dan yang kedua terjadi di pinggir tempat parkir," ia menambahkan.

Satu sumber militer mengatakan tentara berada di lokasi untuk memeriksa korban tewas dan korban cedera dibawa ke rumah sakit.

Nigeria telah menyaksikan peningkatan jumlah serangan nekat oleh anggota Boko Haram.

Gerilyawan tersebut, yang berusaha mendirikan negara dengan landasan agama di Nigeria Utara, telah menewaskan ribuan orang dan menjadi ancaman terbesar bagi negara penghasil utama minyak di Afrika itu.

Anggota Boko Haram masih menahan lebih dari 200 anak perempuan yang mereka culik tahun lalu, tindakan yang menyulut gelombang kemarahan internasional.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015