Jakarta (ANTARA News) - “Berbagai bentuk operasi dan misi TNI AL banyak dipublikasikan pers nasional yang tanpa kenal lelah dan jemu membantu kami. Jika tidak ada teman-teman jurnalis maka kami tidak akan bisa seperti ini dalam melaksanakan tugas,” kata Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, di Markas Besar TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat.

Jumat ini dia menjadi tuan rumah kejuaraan menembak bagi jurnalis, yang difasilitasi Dinas Penerangan TNI AL, di Lapangan Tembak Antares, Markas Besar TNI AL. 84 jurnalis turut serta dalam kejuaraan menembak memakai pistol jarak 25 meter itu.

Beberapa pejabat inti Markas Besar TNI AL hadir, di antaranya Wakil Kepala Staf TNI AL, Laksamana Madya Didit Herdiawan, dan Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir.

TNI AL, kata dia, banyak terbantu oleh kehadiran pers nasional. “Contohnya saat operasi SAR gabungan AirAsia QZ8501 yang berlangsung hampir dua bulan itu. Teman-teman jurnalis bekerja sama kerasnya dengan personel kami dalam ranah masing-masing,” katanya.

Dia menggambarkan, tinggi gelombang di Selat Karimata saat itu cukup lumayan dan bisa membuat orang mabuk laut. “Namun teman-teman jurnalis terbukti tangguh dan tetap tinggi dedikasinya. Terima kasih,” katanya.

Berkat kehadiran pers nasional, kata dia, bentuk pertanggungjawaban TNI AL dalam mengawaki arsenal dan peralatan perang untuk misi damai dan kemanusiaan atau misi lain bisa diwujudkan. “Rakyat telah membeli peralatan ini dan kami mengawakinya. Ini bentuk pertanggungjawaban kami,” katanya.

Untuk meningkatkan kualitas hubungan antara TNI AL dengan jurnalis, katanya, akan terus diselenggarakan acara serupa secara periodik. Acara-acara itu akan dikemas sedemikian rupa dengan tujuan tambahan semakin mengenalkan bentuk-bentuk misi dan tugas pokok TNI AL kepada jurnalis.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015