London (ANTARA News) - Inggris menyatakan akan menginvestasikan 43 juta pound atau sekitar 67 juta dolar AS untuk mendukung pengembangan kendaraan rendah emisi (Ultra-Low-Emission Vehicles/ULEV).

Pendanaan itu antara lain digunakan untuk menyediakan lebih banyak tempat pengisian baterai mobil di kota-kotanya serta membantu mendanai riset pengembangan bus-bus listrik.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, Departemen Transportasi Inggris pada Kamis (26/2) menyatakan dana 15 juta pound akan diarahkan untuk memberikan hibah bagi pengemudi kendaraan listrik.

Selain itu akan ada dana delapan juta pound untuk memasang tempat-tempat pengisian baterai mobil baru di seluruh negeri.

Pendanaan juga akan disediakan untuk 15 proyek untuk mengamankan Inggris dalam posisi inovasi kendaraan rendah emisi, termasuk pengembangan chassis kendaraan ringan baru dan bus elektrik berbiaya rendah.

Industri otomotif Inggris telah tumbuh kuat dan nilai ekspor Inggris sudah naik dua kali lipat dalam 10 tahun terakhir.

Para anggota parlemen berharap pengembangan teknologi rendah emisi bisa membantu mempertahankan sektor itu sampai puluhan tahun mendatang.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015