Damaskus (ANTARA News) - Tentara Suriah berhasil merebut satu kota kecil penting di Provinsi Daraa, pada Jumat, sehingga militer bergerak lebih dekat ke puncak bukit penting di provinsi di bagian selatan negeri tersebut, kata satu sumber yang sangat mengetahui.

Pasukan militer Pemerintah Suriah merebut kembali Desa Habariyeh, dan menewaskan banyak petempur Front An-Nusra --yang memiliki hubungan dengan Al-Qaida, kata sumber yang tak ingin disebutkan jatidirinya itu kepada Xinhua.

Tentara Suriah juga telah bergerak lebih dekat ke puncak bukit strategis Tal Al-Hara, tempat instalasi pengawasan militer Suriah diserbu oleh gerilyawan pada penghujung tahun lalu, tambah sumber tersebut.

Prestasi pada Jumat itu adalah bagian dari serangan untuk mendahului yang telah dilancarkan prajurit militer Suriah belum lama ini di segi tiga strategis di Suriah Selatan, terutama di pinggiran Damaskus, Daraa dan Provinsi Al-Quneitera.

Sementara itu, kata berita SANA menyatakan tentara Suriah pada Jumat menghapuskan "sisa terakhir tempat berkumpul" gerilyawan di Kota Kecil Tal Majda di pinggiran Provinsi Swaida di Suriah Selatan, dekat perbatasan dengan Jordania.

Dikuasainya Tal Majda akan memungkinkan militer Suriah mengawasi jalur pasokan gerilyawan melalui Jordania, kata SANA.

Ditambahkannya, wilayah perbatasan antara Yordania dan Suriah tersebut menjadi tempat upaya penyusupan oleh mujahidin asing --yang berusaha menyusup ke dalam wilayah Suriah untuk bergabung dengan kelompok gerilyawan.

(C003)



Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015