Buntok, Kalteng (ANTARA News) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, HM Farid Yusran mengatakan, qori dan qoriah terbaik dewasa pada Seleksi Tilawatil Quran ke XX tingkat kabupaten setempat akan diberangkatkan umrah.

"Saya akan berangkatkan umrah qori dan qoriah terbaik dewasa pada STQ ini," katanya saat membuka STQ tersebut di halaman Masjid Baiturrahman Buntok, Jumat (27/2) malam.

Sedangkan bagi yang menjadi terbaik satu pada 17 cabang lomba lanjut Farid Yusran, uang pembinaannya akan dia tambahkan secara pribadi masing-masing Rp2.500.000.

Ia mengatakan, pemberangkatan umrah dan penambahan uang pembinaan bagi para peserta terbaik ini bertujuan untuk lebih memotivasi agar mereka bisa meraih prestasi.

"Karena, peserta terbaik pada STQ tingkat kabupaten ini akan mewakili Barsel untuk mengikuti STQ ke XX tingkat provinsi Kalteng yang akan dilaksanakan di kabupaten Sukamara pada bulan April 2015 mendatang," ucap Farid Yusran.

Untuk itu ia mengharapkan kepada seluruh peserta agar lebih bersungguh-sungguh dalam mencapai prestasi sehingga bisa mewakili Barsel dan dapat meraih prestasi terbaik di ajang di STQ tingkat provinsi nantinya.

Sementara ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Barsel, Ir Fajar menyampaikan, pelaksanaan STQ ke-XX tingkat kabupaten ini akan dilaksanakan pada 27 Februari hingga 2 Maret 2015.

"Adapun jumlah lomba yang akan diperlombakan yakni sebanyak 17 cabang yang di antaranya cabang tilawah golongan anak, remaja dan dewasa, cabang tahfizh golongan satu juz, lima juz, 10 juz dan tilawah serta Habsy," ujarnya.

Sedangkan untuk jumlah peserta yang mengikuti kegiatan STQ ini kata Fajar, sebanyak 330 orang yang merupakan kafilah dari enam kecamatan di wilayah Barsel.

Pewarta: Bayu Ilmiawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015