Departemen Perdagangan mengatakan produk domestik bruto (PDB) tumbuh 2,2 persen

Washington (ANTARA News) - Ekonomi Amerika Serikat tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan pada kuartal keempat 2014, tertekan oleh kenaikan lebih kecil dalam persediaan dan peningkatan lebih besar dalam impor, data revisi menunjukkan, Jumat.

Departemen Perdagangan mengatakan produk domestik bruto (PDB) tumbuh 2,2 persen pada kuartal terakhir tahun lalu, merevisi lebih rendah estimasi sebelumnya 2,6 persen.

Revisi turun ekspansi PDB sedikit lebih baik dari ekspektasi kenaikan 2,1 persen setelah pada kuartal ketiga melaju kuat 5 persen.

Menurut data ekonomi terbaru, pertumbuhan moderat pada kuartal keempat terutama mencerminkan peningkatan yang lebih kecil dalam investasi persediaan dan tingkat impor yang lebih tinggi sehingga mengurangi dari PDB, kata departemen.

Meskipun penurunan harga energi bisa mendorong belanja konsumen, pelemahan ekonomi global dan penguatan dolar membebani neraca perdagangan negara. Ekspor naik hanya 3,2 persen pada kuartal keempat, setelah naik 4,5 persen di kuartal ketiga dan melompat 11,1 persen di kuartal kedua.

Belanja konsumen, yang menyumbang sekitar 70 persen dari kegiatan ekonomi AS, merupakan pendorong utama pertumbuhan, naik 4,2 persen, tertinggi selama empat tahun.

Pengeluaran berkontribusi sekitar 2,8 persentase poin terhadap pertumbuhan kuartal keempat, bagian terbesar dalam hampir 10 tahun terakhir, demikian laporan AFP.

(Uu.A026)


Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015