Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa dalam pidato politik saat pembukaan Kongres PAN ke IV di Nusa Dua Bali menegaskan, PAN tidak akan keluar dari Koalisi Merah Putih (KMP).

"Keberadaan PAN tetap berada di KMP, itu ijtihad," kata Hatta di Nusa Dua, Sabtu.

Calon Ketua Umum PAN itu meyakini siapa pun yang terpilih menjadi ketua umum PAN akan tetap mempertahankan PAN dalam  KMP.

"Saya yakin, siapa pun yang memimpuin PAM tetap berkoalisi di KMP dan ini adalah untuk pertama kali PAN berada di luar pemerintahan," kata Hatta.

Dalam pemilihan ketua umum PAN, Hatta mengajak seluruh peserta dan pemegang hak suara untuk menjaga persaudaraan, etika dan kejujuran.

"Saya ajak semua untuk menjaga persatuan dan keutuhan partai. Siapa pun yang akan maju dan kompetisi adalah sesuatu yang harus disikapi dengan arif dan bijaksana," kata dia.

Hatta melanjutkan, "Jangan korbankan keutuhan partai, kemenangan sejati milik partai, bukan orang per orang. Setelah kompetisi, mari bersatu, perkuat partai."

"Tidak ada tempat di PAN untuk sebuah keretakan. Jangan ada yang tertinggal atau yang merasa ditinggalkan," sambung mantan Menteri Koordinator Pekerekonomian itu.

Hadir dalam pembukaan Kongres PAN IV itu Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PKS Anis Matta, Ketua Umum PPP Djan Faridz, Ketua Harian Partai Demokrat Syarif Hasan, dan Sekjen Partai Demokrat Edhy Baskoro Yudhoyono.




Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015