Makassar (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PPP versi Muktamar Surabaya M Romahurmuziy menyasar kemenangan di 51 dari 204 kabupaten/kota pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2015.

"Target kami 51 dari 204 kabupaten/kota, dengan kader internal maupun koalisi. Di antaranya Goa, Situbondo dan lainnya," katanya di Makassar, Sabtu malam, seusai membuka Muswil DPW PPP Sulawesi Selatan.

Ia mengatakan dalam Pilkada kali ini, PPP menerapkan tiga strategi. Pertama pemilihan bakal calon kepala daerah berbasis kapasitas, kapabilitas dan integritas.

"Untuk integritas, dalam juklak (petunjuk pelaksanaan) penjaringan ada persyaratan bakal calon tidak boleh pernah dijatuhi hukuman atau sedang dijatuhi hukuman," katanya.

Kedua, pihaknya akan mengutamakan kader-kader internal terlebih dahulu sebelum mengusung kader luar, namun ukuran elektabilitas juga sangat menentukan. Meski PPP mayoritas bila tidak ada kader internal yang elektabilitasnya tinggi, maka pihaknya akan mengusung kader luar.

"Elektabilitas akan menopang kemenangan," katanya.

Ketiga, koalisi yang dilaksanakan berbasis pada masing-masing daerah dan tidak melihat KMP ataupun KIH.

Sementara itu, terkait isu agama, pihaknya akan sangat selektif dengan hanya pada keadaan darurat, PPP boleh mengusung calon kepala daerah non muslim.



Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015