Medan (ANTARA News) - Insan olahraga Sumatera Utara mulai menggaungkan keinginan agar daerah ini bisa menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024.

Hal tersebut terungkap dalam salah satu butir rekomendasi pada Rapat Anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut yang berakhir, Sabtu.

Ketua Umum KONI Sumut Gus Irawan Pasaribu menyambut antusias keinginan para anggota KONI tersebut dan berharap agar hal ini menjadi perhatian pemerintah dan seluruh stake holder di provinsi ini.

"Tentu ini menjadi keinginan kita bersama. Kelak siapa pun gubernur dan ketua KONI nya, harus kita ingatkan agar diperjuangkan," katanya seusai menutup rapat yang diikuti puluhan pengurus daerah organisasi olahraga dan KONI Kabupaten/Kota.

Ia mengatakan fakta bahwa PON bisa mendorong dibangunnya sarana olahraga di daerah yang menjadi tuan rumah.

Sarana olahraga di Sumut sangat minim karena tidak ada dorongan untuk membangunnya.

Jika PON di Sumut, maka akan memacu political will DPRD dan pemerintah pada pembangunan sarana olahraga.

Selain itu, PON 2024 dicanangkan guna menutup kegagalan pencalonan tuan rumah 2020 pada bidding tahun 2014.

Pada rapat anggota KONI yang berlangsung dua hari itu, para peserta juga meminta agar Pemprov Sumut meningkatkan dana olahraga, sebab tahun ini seluruh cabang olahraga mengikuti pra kualifikasi PON baik melalui Kejurnas, Seleknas maupun Porwil Pra PON.

Gus sangat mengapresiasi semangat dan antusiasme ratusan anggota KONI untuk mengikuti rapat hingga selesai.

"Mudah-mudahan dari rapat ini bisa merajut kebersamaan dan memupuk kekuatan kita untuk terus berkontribusi bagi program Sumut Bangkit melalui prestasi olahraga," tuturnya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015