Gresik, Jatim (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meninjau pembangunan Stadion Lengis di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Minggu.

Tinjauan untuk melihat dari dekat proses pembangunan stadion yang dibiayai dengan anggaran bersama antara Pemkab Gresik, Pemprov Jatim, dan pemerintah pusat.

Nahwari berharap setelah selesai pembangunan Stadion Lengis, bisa dilanjutkan dengan pembangunan beberapa fasilitas pendukung di sekitar stadion, agar Stadion Lengis bisa menjadi stadion terbaik di Indonesia.

"Untuk saat ini, sepertinya Stadion Gunung Lengis ini yang terbaik di Jawa Timur, dan setelah selesai semoga ada pembangunan sarana pendukung tambahan, sehingga bisa menjadi stadion terbaik di Indonesia," katanya.

Dalam kunjungan itu, Menpora mengaku kagum dengan kemegahan proses Stadion Lengis, dan berharap sepak bola di Indonesia bisa semakin maju.

"Melihat kemegahan stadion ini, saya bermimpi piala dunia bisa diselenggarakan di Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gresik, Bambang Isdianto yang menyertai kunjungan Menpora mengatakan, proses pembangunan Stadion Gunung Lengis sudah mencapai 80 persen, seperti halnya pemasangan rumput yang dilakukan secara vertikal.

"Pola pemasangan rumput secara vertikal sesuai yang diinginkan Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, dan sudah ditanam sejak awal pembangunan, serta kini masih dalam kondisi baik," katanya.

Ia menjelaskan beberapa penyelesaian yang masih dalam taraf pekerjaan akhir adalah pembangunan tribun serta atap.

"Kami masih menyelesaikan 18 ribu trap dari total target 23 ribu trap seluruhnya. Dan mudah-mudahan Stadion Lengis selesai sesuai target, yakni sekitar Juni 2015, dan pada Juli sudah bisa dipakai untuk pertandingan," katanya.

Rencananya, peresmian stadion akan dilakukan dengan menggelar pertandingan internasional dengan mengundang kesebelasan dari beberapa negara tetangga untuk menjajal kualitas stadion.

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015