Liverpool, Inggris (ANTARA News) - Liverpool berhasil mengalahkan juara bertahan Manchester City dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan pekan ke-27 Liga Utama Inggris di Anfield, Minggu.

Gelandang serang kreatif Philippe Coutinho, lagi-lagi menjadi sosok penentu kemenangan Liverpool atas City berkat golnya pada menit 75. Coutinho melakukan hal serupa, musim lalu kala kedua tim bertemu dan Liverpool menang 3-2 atas City di Anfield.

Gol Coutinho membawa Liverpool meraih tiga poin, setelah gol pembuka dari Jordan Henderson pada menit 11 disamakan oleh penyerang City Edin Dzeko pada menit 26.

Berkat kemenangan tersebut, Liverpool kini mengemas 48 poin dan menggeser Southampton (46) dari peringkat lima klasemen sementara.

Selain itu, hasil kali ini membuat Liverpool sebagai satu-satunya tim yang tidak terkalahkan pada ajang Liga Utama Inggris di tahun 2015.

Kehadiran Coutinho dan Henderson, jelas berpengaruh besar terhadap lini tengah Liverpool, sesuatu yang sempat hilang kala mereka ditundukkan Besiktas 0-1 sekaligus tersingkir dari Liga Europa setelah kalah dalam adu penalti di Istanbul tengah pekan lalu.

Sementara, keputusan pelatih Manuel Pellegrini menarik keluar pencetak gol penyama kedudukan mereka, Dzeko, pada menit 58 digantikan James Milner ternyata menjadi bumerang, sebab lini serang City berubah wujud dari pisau bermata dua menjadi pisau bermata satu, mengandalkan Sergio Aguero seorang.

Bahkan ketika Pellegrini menyadari kesalahannya dan kembali memainkan dua penyerang dengan menurunkan Wilfried Bony, semua sudah terlambat, sebab di sisi lain, Brendan Rodgers juga menambah daya gedornya dengan memasukkan Daniel Sturridge menggantikan Lazar Markovic, sembari mempertebal pertahanan dengan mengirimkan Kolo Toure menggantikan Alberto Moreno.

Kombinasi pertahanan yang tebal dan upaya memainkan permainan penguasaan bola, terbukti menjadi formula nan manjur untuk mempertahankan kemenangan 2-1 hingga pengujung laga.

Liverpool bahkan memiliki beberapa kesempatan untuk memperbesar keunggulan, namun tendangan Coutinho pada menit 85 berhasil dihalangi Vincent Kompany dan sepakan Sturridge masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Joe Hart.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir UEFA.com.

Liverpool (3-4-3): Simon Mignolet (PG); Emre Can, Martin Skrtel, Dejan Lovren; Lazar Markovic (Daniel Sturridge), Jordan Henderson, Joe Allen, Alberto Moreno (Kolo Toure); Philippe Coutinho, Raheem Sterling, Adam Lallana.

Pelatih: Brendan Rodgers.

Manchester City (4-4-2): Joe Hart (PG); Pablo Zabaleta, Vincent Kompany, Eliaquim Mangala, Aleksandar Kolarov; Samir Nasri (Frank Lampard), Yaya Toure, Fernandinho (Wilfried Bony), David Silva; Sergio Aguero, Edin Dzeko (James Milner).

Pelatih: Manuel Pellegrini.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015