Barcelona (ANTARA News) - Pebalap Finlandia Valtteri Bottas menjadi yang tercepat untuk Williams pada hari terakhir tes pramusim di Barcelona, ketika masalah-masalah reabilitas McLaren berlanjut.

Bottas mencatatkan waktu yang lebih baik dari rekan setimnya Felipe Massa dari Sabtu dengan menggunakan ban-ban supersoft, namun ia masih lebih lambat daripada catatan waktu terbaik Mercedes dengan menggunakan ban-ban supersoft di Barcelona, yakni 1 menit 23,963 detik.

Catatan waktu Nico Rosberg adalah 1 menit 22,792 detik dari Jumat tetap menandai catatan tercepat selama delapan hari tes di Sirkuit De Katalunya, di mana Grand Prix pertama musim ini akan berlangsung di Melbourne dalam dua pekan mendatang.

"Ini merupakan hari yang benar-benar bagus dan cara yang hebat untuk menyelesaikan tes," kata Bottas, yang finis di peringkat keempat kejuaraan musim lalu.

"Salah satu poin utama yang telah kami pelajari adalah bahwa FW37 sangat dapat diandalkan. Mobil yang kami bawa ke Melbourne sangat kompetitif dan semestinya dapat membuat awal yang menarik pada musim depan."

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel menjadi yang tercepat kedua, ketika ia juga menggunakan kompon supersoft, di mana pebalap Brazil Felipe Nasr menduduki urutan ketiga.

Rosberg berkonsentrasi pada jarak tempuh dibanding kecepatan untuk Mercedes, ketika ia menyelesaikan 148 putaran untuk berada di urutan ketujuh waktu tercepat.

"Hari ini merupakan hari yang bagus dan, secara keseluruhan, itu merupakan tes yang sangat menarik di sini di Barcelona," kata pria Jerman itu.

"Setelah tes ini kami dapat gembira. Kami sangat optimistis. Sekarang, saya tidak sabar untuk terbang ke Australia dan kembali membalap."

Kontras dengan hal itu, ketidak mampuan McLaren untuk memberikan kecepatan terbaik bagi MP4-30 menjelang Grand Prix pembuka musim di Melbourne dalam dua pekan lagi terus berlanjut.

Jenson Button hanya mampu mencatatkan 30 putaran dan juga kecepatannya begitu jauh dari para pemilik catatan waktu teratas meski ia menggunakan ban-ban soft -- ia terpaut dua detik di belakang Bottas.

"Melihat ke belakang dalam empat pekan terakhir, program tes musim dingin kami begitu sulit," kata direktur balap McLaren Eric Boullier.

"Bahkan jika ini kelihatannya akan menjadi awal musim yang sulit, kami tahu kami mampu mengembangkan dengan baik dan cepat, dan bahwa kami akan membuka potensi besar yang terdapat pada mobil."

Pastor Maldonado menderita tabrakan keras pada sesi sore untuk mengakhiri tes Lotus dengan lebih dini, namun pebalapa Venezuela ini tidak mendapat luka.

Hasil dari hari keempat tes pramusim ketiga di Barcelona, seperti dilansir AFP:

1. Valtteri Bottas (Finlandia/Williams) 1:23.063 (89 putaran)

2. Sebastian Vettel (Jerman/Ferrari) 1:23.469 (129 putaran)

3. Felipe Nasr (Brazil/Sauber) 1:24.023 (159 putaran)

4. Max Verstappen (Belanda/Toro Rosso) 1:24.527 (85 putaran)

5. Daniel Ricciardo (Australia/Red Bull) 1:24.638 (72 putaran)

6. Sergio Perez (Meksiko/Force India) 1:25.123 (130 putaran)

7. Nico Rosberg (Jerman/Mercedes) 1:25.186 (148 putaran)

8. Jenson Button (Britania Raya/McLaren) 1:25.327 (30 putaran)

9. Pastor Maldonado (Venezuela/Lotus) 1:28.272 (36 putaran)

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015