Jika akhirnya rilis data ekonomi Indonesia sesuai dengen ekspektasi akan menjadi katalis positif bagi pergerakan IHSG
Jakarta (ANTARA News) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin dibuka menguat tipis sebesar 2,53 poin atau 0,05 persen menjadi 5.452,83.

Sedangkan kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak menguat 0,64 poin (0,07 persen) menjadi 947,51.

Analis Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya di Jakarta, Senin mengatakan bahwa IHSG BEI kembali melanjutkan penguatannya seiring dengan akan diumumkannya rilis data ekonomi Indonesia oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang diproyeksikan sesuai dengan ekspektasi.

"Data yang dipantau pasar yakni tingkat inflasi dan neraca perdagangan Indonesia, inflasi diproyeksikan masih rendah dan neraca perdagangan kembali mencatatkan surplus, itu menunjukan bahwa perekonomian kita masih terkendali," katanya.

Ia mengharapkan bahwa data ekonomi mencatatkan hasil positif sehingga dana asing berpotensi terus mengalir ke pasar saham Indonesia, selama tahun 2015 ini investor asing telah membukukan beli bersih sebesar Rp10,819 triliun.

"Potensi penguatan masih akan terus berlanjut dengan target level batas atas terdekat berada pada 5.513 poin," katanya.

Head of Research Valbury Asia Securities Alfiansyah menambahkan bahwa dalam pekan ini pelaku pasar saham Indonesia akan menyikapi rilis data ekonomi yakni angka inflasi Februari dan neraca perdagangan Januari 2015.

Ia mengemukakan bahwa berdasarkan pantauan harga hingga pekan ketiga bulan ini, Bank Indonesia memperkirakan Indeks Harga Konsumen (IHK) Februari 2015 akan mencatatkan deflasi sebesar 0,2 persen. Menurut BI, tren deflasi hingga bulan kedua tahun ini tidak terlepas dari reformasi struktural yang dilakukan pemerintah melalui kebijakan harga bahan bakar minyak (BBM).

Selain itu, lanjut dia, Bank Indonesia juga menyambut sejumlah inisiatif pemerintah yang terus menjaga stabilitas komponen harga bahan pokok.

"Jika akhirnya rilis data ekonomi Indonesia sesuai dengen ekspektasi akan menjadi katalis positif bagi pergerakan IHSG," katanya.

Bursa regional, di antaranya indeks Hang Seng menguat 115,56 poin (0,47 persen) ke 24.938,85, indeks Bursa Nikkei naik 40,19 poin (0,21 persen) ke 18.837,89, dan Straits Times melemah 5,32 poin (0,17 persen) ke posisi 3.397,94.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015