Beijing (ANTARA News) - Pangeran William memulai tur kerajaannya di Tiongkok, demi meningkatkan hubungan baik antara Inggris dan Tiongkok daratan.

Dalam tur tiga harinya, Pangeran William mulai mengunjungi tempat wisata Kota Terlarang, Senin, yang tidak jauh dari Balai Agung Rakyat, tempat William diterima Presiden Xi Jinping.

The Duke of Cambridge tiba di Beijing, Minggu malam, disambut Duta Besar Inggris untuk Tiongkok Barbara Woodward dan Duta Besar Tiongkok untuk Inggris Liu Xiaoming.

Kunjungan Pangeran William ke Tongkok daratan, merupakan kunjungan keluarga kerajaan Inggris setelah 26 tahun silam. Kunjungan kerajaan Inggris ke Tiongkok daratan terakhir dilakukan Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip pada 1986.

Kerajaan Inggris telah memberikan pengaruh dan peran besar, tidak saja bagi Inggris Raya, tetapi juga hubungan RRT dan Inggris juga dunia, kata Presiden Tiongkok Xi Jinping, saat menerima Pangeran William di Balai Agung Rakyat.

Pada kesempatan tersebut Pangeran William menyampaikan undangan Ratu Elizabeth II kepada Presiden Xi Jinping untuk dapat berkunjung ke Inggris pada tahun ini.

Dalam tur tiga harinya tersebut Pangeran William tidak memiliki jadwal mengunjungi Hong Kong. Setelah melakukan tur di Beijing, William akan berangkat ke Shanghai untuk bertemu dengan beberapa pebisnis Tiongkok dan menghadiri festival industri kreatif di Museum Kota Long.

William juga akan menghadiri pemutaran perdana film tentang beruang Paddington di kota yang sama, dan pada Rabu (4/3) dijadwalkan tiba di Provinsi Yunnan untuk berbicara tentang upaya penyelamatan gajah.

Di Yunnan kini terdapat sekitar 250 gajah liar di alam.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015