Kita akan memberikan masukan dan bantuan dalam hal pembuatan lubang biopori ini ..."
Makassar (ANTARA News) - Personel Batalyon Armed (Yon Armed) 6-76, Komando Daerah Militer (Kodam) VII/Wirabuana membuat biopori bersama warga di dua kecamatan di Makassar untuk melestarikan lingkungan hidup.

"Penggalian lubang biopori itu sebagai salah satu kepedulian terhadap kelestarian lingkungan di wilayah teritorial kami di Kecamatan Tamalate dan Rappocini," kata Perwira Seksi (Pasi) 1 Intel Batalyon Artileri Medan (Yon Armed) 6-76, Lettu Arm Bhekti Mudianto di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, sebanyak 20 orang personel satuan berbaret cokelat itu membuat sejumlah lubang resapan air atau biopori itu sudah menjadi bagian tugas TNI dalam pengabdiannya ke masyarakat.

Menurut dia, kegiatan penggalian lubang biopori ke depannya akan menjadi agenda rutin dan dilakukan secara bergiliran pada dua wilayah binaan teritorial Yon Armed 6-76 masing-masing Kecamatan Tamalate dan Kecamatan Rappocini.

"Kita akan memberikan masukan dan bantuan dalam hal pembuatan lubang biopori ini, karena manfaat biopori sangat banyak, diantaranya sebagai resapan air tanah dan mencegah banjir," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Lurah Jongaya Hj Surgawati mengatakan, pembuatan lubang biopori merupakan inisiatif Yon Armed 6-76, dan pihak kelurahan mengagendakan secara rutin kerja bakti membersihkan wilayah kerja secara bergiliran setiap Jumat.

Tapi, ia mengakui, untuk aksi pembuatan biopori baru pertama kalinya dilakukan.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015