Jakarta (ANTARA News) - Terpilihnya Rifai Darus sebagai ketua umum (Ketum) KNPI (2015-2018) mendapat apresiasi agar Komite Nasional Pemuda Indonesia itu mampau memberikan manfaat bagi pemuda Indonesia.

Mantan Wasekjen DPP KNPI Abhiram S Yadav ketika dihubungi pers di Jakarta, Senin, mengatakan dirinya hanya berharap KNPI kedepan bisa lebih memberikan arti bagi kepemudaan.

"Apapun hasilnya Bung Rifai sudah terpilih, saya ucapkan selamat kepada Ketum yang baru. Semoga KNPI diselamatkan dan segera dijadikan Ormas yang bernaung dibawah Kemendagri agar tidak lagi bertolakbelakang dengan Undang-undang yang ada. Pemuda adalah masa depan bangsa dan wajib taat kepada hukum yang berlaku," kunci Abhiram.

Pemilihan Ketua Umum DPP KNPI telah berlangsung di Jayapura, Papua, Sabtu (28/2) dengan menghasilkan Rifai Darus sebagai Ketua Umum yang baru periode 2015-2018. Rifai mengalahkan politisi Nasdem Ahmad Sahroni melalui dua putaran.

Sebelumnya muncul kandidat-kandidat calon ketua umum di antaranya Ahmad Sahroni, Rifai Darus, Arnold Udam, Abhiram S. Yadav, Bintang Prabowo, Arip Mustafa, M. Guntur, dan Maruli Silaban.

Abhiram merupakan satu-satunya kandidat yang tidak hadir pada saat pemilihan berlangsung. Dirinya mengaku sempat dipanggil sebagai kandidat sebelum pencoblosan dimulai.

"Bisa saja dikatakan tidak ikut dalam pemilihan karena produk Kongres sudah tidak sesuai dengan Undang-undang No. 40  tahun 2009 tentang kepemudaan," ujar Abhiram yang pernah menjabat sebagai Vice Presiden Pemuda ASEAN.

Undang-undang No. 40 tahun 2009 mengatur tentang usia pemuda maksimal 30 tahun. Jika menggunakan aturan UU tersebut, maka ha dua kandidat yang memenuhi persyaratan sesuai undang-undang itu yaitu Bintang Prabowo dan Abhiram S Yadav.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015