Painan (ANTARA News) - Sebanyak lima orang anggota Tim SAR dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), membersihkan material longsor di Kampung Jalamu, Nagari Koto Nan Duo.

"Kami akan membersihkan material longsor sampai jalan ini bisa digunakan secara keseluruhan," ujar anggota SAR, Bambang di Painan, Senin.

Di lokasi itu terlihat satu orang anggota Tim SAR sibuk mengatur lalulintas kendaraan roda empat dan dan roda dua karena sebagian jalan ini dipenuhi material longsor.

Menurut Kepala BPBD Pesisir Selatan Pri Nurdin, hujan deras mengguyur pada Minggu (2/2) sejak pukul 12:00 WIB. Karena curah hujan tinggi maka terjadilah longsor di beberapa titik kabupaten itu.

"Titik longsor di jalan kabupaten berada di Nagari Salido-Lumpo, sedangkan di Jalan Nasional berada di Bukit Selayang Pandang material longsor menutupi bahu jalan diperkirakan sebanyak seribu kubik," jelasnya.

"Titik longsor di jalan nasional berikutnya ada di Painan-Batang Kapas di lokasi ini penahan tebing yang mengarah ke laut sepanjang Enam meter ambruk pada kedalaman empat meter," katanya.

Satu kilometer dari lokasi ini penahan tebing sepanjang 50 meter juga juga ambruk pada kedalaman 35 meter, ujarnya.

Pada saat Kejadian itu jalan lintas Sumatera tersendat selama 30 menit, Setelah anggota BPBD diturunkan dan dibantu warga sekitar lintaspun kembali normal.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015