Birmingham, Inggris (ANTARA News) - Dua kali juara Olimpiade Lin Dan berambisi menjadi pebulutangkis putra keempat yang enam kali menjuarai tunggal putra All England ketika Rabu nanti turnamen tertua cabang olah raga ini mulai digelar.

Tunggal putra Tiongkok yang paling sering juara pada berbagai turnamen itu terakhir kali tampil dalam turnamen berusia 105 tahun itu pada 2012 manakala merebut juara tunggal putra untuk kelima kalinya, dan kembali berlaga tahun ini setelah absen dari cabang olah raga ini.

Titel juara All England berikutnya akan membuat pebulutangkis berusia 31 tahun itu bersanding dengan Frank Devlin dari Irlandia, Erland Kops dari Denmark dan Rudy Hartono dari Indonesia sebagai pebulutangkis yang enam kali menjadi juara All England.

Salah satu pesaing terkuat bagi unggulan kelima ini adalah rekan senegaranya Chen Long, sang juara dunia yang juga menjadi juara All England 2013.

Chen, unggulan utama kali ini, akan mengawali laga melawan pebulutangkis Hongkong, Wei Nan.

Sayang, juara bertahan Lee Chong Wei dari Malaysia akan absen karena terkena larangan bermain gara-gara tes doping pada kejuaraan dunia Agustus tahun lalu.

"Adalah memalukan ketika para pemain terbaik di dunia tidak bisa tampil," kata Ketua Federasi Bulu Tangkis Inggris Adrian Christy kepada Reuters.

"Akan memalukan Chong Wei tidak akan bisa tampil menghadapi pesaingnya Lin Dan mengingat kita semua menikmati persaingan menakjubkan antara kedua pemain."




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015