Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengatakan bahwa banyak aturan tentang lingkungan dan sumber daya alam yang harus diperbaiki dan diselaraskan agar tidak saling bertentangan.

"Memang banyak aturan yang sudah diperbaiki tapi masih banyak juga yang belum disinkronkan. Karena itu hukum-hukum lingkungan dan sumber daya yang tidak sesuai zamannya harus kita disinkronkan dan ubah," katanya di Jakarta, Selasa.

Saat menyampaikan sambutan dalam acara Pendeklarasian Program Nasional Pembaruan Hukum SDA dan Lingkungan Hidup di Istana Wakil Presiden, dia menyatakan bahwa ekonomi harus tumbuh tapi lingkungan juga harus tetap lestari.

"Hutan sangat penting tapi geothermal untuk listrik harus jalan juga. Hutan perlu jalan, juga perlu agar ekonomi masyarakat bisa jalan," katanya.

"Maka kita harus mempunyai landasan hukum yang baik untuk menjaga sumberdaya alam dan lingkungan tapi dengan suatu aturan yang benar dan sinkron. Dengan aturan yang jelas semua tahu hak dan kewajibannya, bukan hanya kita, dunia juga bertanggung jawab," katanya.

Pendeklarasian Program Nasional Pembaruan Hukum SDA dan Lingkungan Hidup juga dihadiri oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona H Laoly, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan.

Selain itu hadir pula Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral Sudirman Said, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar serta Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015