Manado (ANTARA News) - Kepala Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dadang Hardiwan mengatakan, penduduk berusia 25-40 tahun paling bahagia di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Penduduk dengan umur 25-40 tahun di Sulut memiliki indeks kebahagiaan tertinggi sebesar 71,30," kata Dadang, di Manado, Selasa.

Dadang mengatakan, sementara penduduk dengan usia di bawah 25 tahun mempunyai indeks kebahagiaan terendah hanya 65,58.

"Hal ini menandakan, makin usia produktif maka tingkat kebahagiaan semakin tinggi karena bisa melakukan apa saja, jelasnya.

Dia mengatakan usia produktif akan sangat menetukan manusia tersebut dalam melakukan aktivitasnya dan berkreasi sesuai kemampuan, karena sebagian usia seperti ini sudah memiliki pekerjaan dan pasangan hidup.

Namun, secara keseluruhan penduduk Sulut dikategorikan bahagia karena indeksnya mencapai 70,79, menandakan bahwa hampir sebagian besar masyarakat di daerah tersebut bahagia.

BPS mengukur tingkat kebahagiaan mulai tahun 2014 dengan cakupan sampel yang dapat digunakan untuk estimasi tingkat nasional maupun provinsi.

Responden tingkat kebahagiaan 2014 di Sulut adalah kepala rumah tangga atau pasangan sebanyak 1.690 rumah tangga yang tersebar di 15 kabupaten dan kota.

Ada 10 aspek kehidupan yang menjadi indikator kebahagiaan yakni kesehatan, pendidikan, pekerjaan, pendapatan rumah tangga, keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, kondisi rumah dan aset, keadaan lingkungan dan keamanan.

Pewarta: Jootje Kumajas
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015