Pelaku mengincar TKI yang baru tiba di setiap bandara secara acak. Dalam aksinya mereka selalu berkelompok
Tangerang (ANTARA News) - Polres Bandara Soekarno - Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, menangkap empat pelaku pembius TKI di bandara.

Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno - Hatta, Kompol Aszhari Kurniawan di Tangerang, Selasa, mengatakan tiga dari empat pelaku terpaksa ditembak karena melawan petugas saat ditangkap.

Keempat pelaku yang telah ditangkap yakni RS alias Bolton, BD, JA dan IF alias Klen.

Setiap tersangka memiliki peran seperti peracik obat bius, supir mobil, berpura - pura sebagai TKI dan perencana.

"Pelaku kerap beraksi di beberapa bandara. Kita terpaksa menembak karena melawan dan berusaha kabur saat akan ditangkap," ujarnya.

Modus operandi yang digunakan pelaku, yakni mengaku sebagai TKI dari luar negeri dan menawarkan mobil tumpangan.

Saat di pertengahan jalan, pelaku memberikan minuman korban yang sudah dicampur obat bius.

Ketika korban tak sadarkan diri, pelaku mengambil barang korban yang baru saja dibawa dari luar negeri. Pelaku kemudian menurunkan korban di hutan atau di jalan.

Dari hasil keterangan yang diperoleh, pelaku telah melakukan 10 kali pembiusan dan perampokan barang milik para TKI yang baru tiba di Tanah Air.

Barang bukti yang berhasil disita dari pelaku yakni buku tabungan korban, ponsel, pakaian dan barang bawaan lainnya, serta mobil yang kerap dipakai pelaku untuk mengantar korban.

Bandara yang kerap menjadi target operasi pelaku di antaranya Bandara Soekarno - Hatta, Bandara Adisucipto, dan Bandara Husen Sastranegara Bandung.

Para pelaku diancam hukuman penjara maksimal 12 tahun.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015