Beijing (ANTARA News) - Yang Xu menciptakan gol tapi kemudian mendapat kartu merah kerena melakukan pelanggaran "handball" gaya Diego Maradona, saat Shandong Luneng dikalahkan Jeonbuk Hyundai Motors 1-4 pada pertandingan Liga Champions AFC, Selasa.

Yang mencatat gol ketiganya dalam dua pertandingan, tapi penyerang Shandong itu kemudian diusir dari lapangan karena melakukan pelanggaran "handball" seperti kejadian gol "tangan Tuhan" Maradona yang terkenal pada 1986.

Pemenang Piala FA Tiongkok itu kesusahan saat tertinggal 1-3 dengan pertandingan tersisa 11 menit, saat Yang melompat dan mengangkat tangannya menyambut bola tendangan bebas dan mengarahkan bola itu namun membentur tiang.

Yang mendapat kartu kuning kedua, sepekan setelah dua golnya membawa kemenangan 3-2 atas Binh Duong, tapi hal itu mengingatkan kembali pada gol kontroversial Maradona dalam kemenangan Argentina 2-1 pada perempat final Piala Dunia melawan Inggris.

Gelandang asal Brazil Leonardo menambah gol saat "injury time" saat juara 2006 Jeonbuk merayakan kemenangan pertama mereka di Grup E.

Jeonbuk memulai pertandingan tersebut dengan cepat dan tanda-tanda bahaya buat lawan sudah ada saat pemain asal Brazil yang baru dikontrak mereka Edu mengolah bola dengan mudah ke dalam kotak penalti pada menit ke-10 sebelum melepaskan tembakan melengkung namun melebar kie sisi gawang.

Pemain asal Brazil lainnya, Eninho, menguji penjaga gawang internasional Tiongkok Wang Dalei dari jarak jauh, sebelum sebuah momen yang berkualitas dari Edu membuat tim asal Korea itu unggul.

Membawa bola ke dalam kotak penalti, mantan pemain FC Tokyo itu dalam situasi untuk melepaskan tembakan keras sebelum mengecek dan mengiris bola dengan luar biasa yang melewati Wang.

Gelandang Shandong asal Argentina Walter Montillo menembus kotak penalti namun tembakannya masih dapat dijinakkan saat tim tuan rumah itu mencoba membalas sebelum turun minum.

Penyerang asal Brazil Diego Tardelli mengalami cedera saat masalah mendera Shandong -- sebelum Yang membuat tim tuan rumah menyamakan kedudukan pada menit ke-61.

Tapi kegembiraan Shandong hanya berlangsung 10 menit sebelum Han Kyo-Won menerima bola sundulan Lee Jae-Sung dan melepaskan tembakan yang melewati Wang untuk membuat Jeonbuk unggul 2-1.

Kiper Wang bersalah atas terjadinya gol ketiga Jeonbuk pada menit 75 ketika bola yang ditinjunya mengarah ke Lee di dalam kotak dan pemain gelandang itu langsung melepaskan tembakan ke gawang.

Pertandingan secara efektif berakhir bagi Shandong setelah "handball" Yang, tapi Leonardo memiliki waktu untuk menambah perih luka Shandong saat dia menjaringkan gol keempat Jeonbuk saat "injury time". Demikian laporan AFP.

(Uu.I015/T004)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015