Jakarta (ANTARA News) - Desain pengemasan Indonesia diakui di dunia, terbukti dengan masuknya beberapa desain asal tanah air yang masuk kategori finalis dalam perlombaan kemasan internasional.

"Sejak 2007, sudah ada 111 design Indonesia yang memenangkan beberapa kategori lomba pengemasan di tingkat Asia," kata Direktur Pengembangan Bisnis Federasi Pengemasan Indonesia (Indonesian Packaging Federation/ IPF) Ariana Susanti di Jakarta, Selasa.

Ariana mengatakan, Indonesia juga memenangkan lomba pengemasan pada 2014 untuk kategori "best of the best transport packaging" di tingkat Asia, di mana Indonesia melawan 9 negara Asia lainnya.

Untuk itu, lanjut Ariana, pihaknya meminta Menteri Perindustrian Saleh Husin untuk menyerahkan trophy kepada pemenang tersebut.

"Kami minta kesediaan pak menteri untuk menyerahkan trophy atas perlombaan kemasan tingkat Asia. Kami akan lombakan lagi ke tingkat dunia," kata Ariana.

Sementara itu, Direktur Eksekutif APF Henky Wibawa mengatakan industri pengemasan di Indonesia terus tumbuh, di mana pada 2013-2014 pertumbuhannya mencapai 7 persen dengan nilai omset Rp70 triliun.

"Bahan baku kami 50 persen berasal dari impor dan 50 persen dari dalam negeri, yang paling banyak itu dari Timur Tengah," kata Henky.

Henky berharap, pemerintah memberikan dukungan terhadap industri kemasan, sehingga dapat terus tumbuh dan berkembang.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015