Makassar (ANTARA News) - Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia akan mengelar seleksi terakhir untuk menentukan skuad timnas yang akan memperkuat Indonesia pada ajang SEA Games Singapura, Juni 2015.

"Seleksi ini akan digelar pada 10 Maret 2015. Seleksi ini untuk menentukan atlet yang bergabung dalam tim kanoing atau perahu naga di SEA Games 2015," kata pedayung pelatnas asal Sulsel Anwar Tarra di Makassar, Rabu.

Peraih 11 medali pada SEA Games 2013 itu menjelaskan, seleksi ini merupakan lanjutan dari seleksi sebelumnya yang digelar pekan lalu. Seleksi ini akan menentukan nasib para atlet pelatnas apakah bisa tampil di SEA Games atau dicoret dari pelatnas.

Selain penentuan atlet SEA Games, seleksi ini juga untuk memilih pedayung yang akan mengikuti try out ke Portugal yang dijadwalkan April 2015. Peraih emas Kejurnas Dayung Makassar 2014 itu mengaku siap ambil bagian.

"Saya pada seleksi lalu memang tidak bisa ikut karena menderita sakit. Kondisi saya saat ini sudah cukup baik dan akan kembali bergabung di pelatnas Jakarta, Kamis besok," kata peraih emas PON 2012 tersebut.

Manajer Timnas Perahu Naga, Young Mardinal, sebelumnya menyatakan khusus untuk timnya belum menetapkan agenda try out karena masih menunggu jadwal kejuaraan internasional yang belum dirilis atau dikeluarkan federasi dayung dunia.

Ketua Bidang Pembinaan Prestadi PB PODSI itu berharap segera keluar jadwal agar bisa menentukan kejuaraan yang dianggap paling tepat untuk menjadi arena try out.

Untuk agenda perahu naga, kata dia, biasanya secara rutin di gelar di Makau dan Malaysia. Jika ternyata kejuaraan itu dilaksanakan sebelum pelaksanaan SEA Games Singapura maka kemungkinan akan dijadikan ajang ujicoba.

Berbeda dengan perahu naga, untuk cabang rowing dan kanoing justru sudah memiliki agenda masing-masing.

Untuk Kanoing sesuai rencana akan ke Portugal. Sedangkan untuk tim rowing akan berangkat ke Australia dan Singapura. Khusus agenda di Singapura kemungkinan langsung melakukan ujicoba lintasan SEA Games.

"Khusus perahu naga memang belum ada jadwal. Namun kami tetap berharap bisa melaksanakan try out demi melihat kondisi terkini dari setiap atlet," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015