Washington (ANTARA News) - Michael Phelps kemungkinan akan mendapat kesempatan tampil pada kejuaraan dunia renang 2015 di Rusia begitu masa hukumannya akibat mabuk saat mengemudi, kata seorang pejabat renang AS, Selasa (Rabu WIB).

Hukuman larangan ikut kompetisi selama enam bulan bagi Phelp akan berakhir April tahun ini. Sebagai bagian dari hukumannya, pengurus renang AS juga melarangnya mengikuti kejuaran internasional di Kazan, Rusia, 24 Juli sampai 9 Agustus 2015.

Namun direktur Renang AS Chuck Wielgus seperti dikutip ESPN.com mengatakan bahwa Phelps mungkin belum bisa diizinkan berpartisipasi di kejuaran dunia di Rusia.

"Cukup rumit, tapi ada jalan yang memungkinkan hal itu," kata Wielgus. "Ada sebuah jalan untuk dipertimbangkan," katanya.

Phelps belum berkomentar apakah ia akan tampil di Rusia atau tidak, namun diharapkan dapat tampil pada turnamen Grand Prix AS di Arizona bulan depan.

Perenang berusia 29 tahun itu telah lolos kualifikasi dalam tim AS untuk kejuaraan dunia pada tiga nomor perorangan -- 100 m bebas, 100 m kupu-kupu dan 200 m ganti,

Ia juga kemungkinan terpilih untuk tiga nomor estafet.

Phelps mengumumkan mundur dari renang setelah Olimpiade London 2012 setelah total meraih 18 medali emas sejak Athena 2004.

Namun, ia telah mengubah niatnya tahun lalu dan memutuskan untuk kembali berenang dan melirik Olimpiade Rio 2016.

Phelps divonis hukuman kurungan satu tahun dengan masa percobaan 18 bulan.

Ia juga dilarang minum alkohol dan harus menjalani rehabilitasi ketergantungan obat.

Phelps meminta maaf karena mengemudi dalam keadaan mabuk dan berjanji untuk berbuat baik. Bulan lalu ia mengumumkan pertunangannya dengan Nicole Johnson, mantan Miss California, AS.

Persatuan Renang AS tidak membuat pernyataan resmi apakah Phelps pasti bisa tampil di Rusia, namun seorang kawan dekatnya, Natalie Coughlin, mengatakan bahwa Phelps sudah cukup lama menjalani hukumannya. Demikian laporan Reuters.

(Uu.T004/A011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015