... calon pembelinya dari sekolah-sekolah penerbangan ataupun maskapai penerbangan...
Bandung (ANTARA News) - PT LEN Industri (Persero) mengembangkan simulator pesawat terbang Boeing dan Airbus dan siap memenuhi pesanan dalam maupun luar negeri.

"Awalnya dengan pengalaman PT LEN dalam menjalankan proyek pengadaan simulator Boeing dan Airbus untuk STPI di Curug pada 2011. PT LEN sudah mampu membuatnya dan kini melakukan pengembangan," kata Manajer Komunikasi PT LEN Industri, Donny Gunawan, di Bandung, Kamis.

Ia menyebutkan pihaknya melakukan pengadaan, instalasi, konfigurasi hingga perawatan. Saat ini BUMN Strategis itu sedang mengembangkan sendiri simulator itu.

"Terutama dari sisi software. Untuk suku cadang sebagian besar membeli di pasaran yang sudah ada. Namanya Flight Training Device," katanya, tentang Perangkat Latih Penerbangan itu. 

Ia menyebutkan alat simulator penerbangan itu calon pembelinya dari sekolah-sekolah penerbangan ataupun maskapai penerbangan.

Simulator itu mengacu kepada peraturan keselamatan penerbangan dari Kementerian Perhubungan. Produk simulator itu sama persis dengan aslinya yang didukung beberapa panel, tuas kemudi dan perangkat yang sama dengan jenis pesawat yang dimaksud.

Saat ini PT LEN masih melakukan pengembangan, dari bentuk simulator yang berupa panel coba ditransformasikan menjadi touch screen sesuai dengan perkembangan dan perangkat kokpit terakhir dari pesawat tercanggih.

"Bila berhasil akan memberi kami bidang bisnis baru," katanya.

Penggunaan simulator penerbangan merupakan perangkat penting dari sekolah penerbangan. Namun sejauh ini mereka masih melakukan pengadaan simulator dari luar negeri.

"Len sudai bisa melakukan pengadaan dan memproduksi sumulator itu, beberapa unit sudah kami bikin dan digunakan di Sekolah Tinggi Penerbangan Curug," katanya. 

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015