Bogor (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo secara resmi membuka dan melepas pawai budaya Pesta Rakyat Cap Go Meh 2015 yang berlangsing di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Kehadiran Presiden disambut antusias ribuan warga yang sudah memadati area seputar Vihara Dhanagun sejak pukul 14.00 WIB.

Sementara itu Presiden tiba di lokasi acara sekitar pukul 16.18 bersama dengan ibu negara, didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Kapolda Jawa Barat, Wali Kota Bima Arya Sugiarto, Wakil Wali Kota Usmar Hariman, dan sejumlah tamu undangan.

Presiden datang dari Jakarta langsung menuju Kebun Raya Bogor. Dari kebun raya, Presiden berjalan kaki menuju Vihara Dhanagun yang berada tidak jauh dari depan gerbang utama Kebun Raya.

Begitu tiba di Jalan Surya Kencana, Presiden langsung menyapa masyarakat yang sudah menunggu kedatangannya dengan melambaikan tangan.

Presiden juga menyempatkan diri menyelami sejumlah panitia dan pengisi acara dan warga yang berada di balik pagar pembatas.

Warga begitu antusias menyambut kehadiran Presiden Joko Widodo yang ketika presiden melambaikan tangan sebagai sapaan, warga membalas sambil berteriak dan memanggil nama presiden.

Sekitar pukul 16.25 WIB Pesta Rakyat Cap Go Meh resmi dimulai dengan menyampaikan kata sambutan dari Ketua Panitia Arifin Himawan.

"Kegiatan kali ini menjadi istimewa karena dihadiri langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Ada 21 komunitas dan 10.000 pengisi acara yang tampil dalam kegiatan Cap Go Meh ini," kata Arifin.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan kehadiran Presiden dalam pagelaran budaya Cap Go Meh ini menjadi kehormatan bagi warga Kota Bogor khususnya dan Jawa Barat khususnya.

"Kehadiran Presiden dalam kegiatan ini semakin mengokohkan Pesta Rakyat Cap Go Meh menjadi terbesar di Kota Bogor," katanya.

Usai sambutan dari Gubernur Jawa Barat, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh pemuka agama dari Islam, Kristen, Hindu, dan Budha.

Selanjutnya Presiden secara resmi membuka acara tersebut dengan melepas pawai yang diawali dengan pertunjukan kesenian dari Nusa Tenggara Timur, lalu Marching Band Pusdikzi, disusul dengan rangkaian karnaval Cap Go Meh.

"Acara ini resmi saya buka," kata presiden sambil mengangkat bendera.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015