Tugas terakhir saya sabagai Ketua Umum periode sekarang adalah menyukseskan KLB. Makanya saya fokus kesitu. Untuk masalah Ketua Umum Baru sudah ditentukan Tuhan,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin mengaku lebih fokus menyukseskan pelaksanaan Kongres Luar Biasa PSSI daripada memikirkan pencalonannya kembali sebagai orang nomor satu di federasi sepak bola Indonesia itu.

"Tugas terakhir saya sabagai Ketua Umum periode sekarang adalah menyukseskan KLB. Makanya saya fokus kesitu. Untuk masalah Ketua Umum Baru sudah ditentukan Tuhan," kata Djohar Arifin Husin di Kantor PSSI Senayan, Jakarta, Kamis.

Djohar Arifin Husin merupakan satu dari delapan bakal calon yang dinyatakan lolos verifikasi oleh Komite Pemilihan. Jumlah calon ini bisa bertambah jika yang bakal calon yang sebelumnya tidak lolos memenangkan gugatannya ke Komisi Banding Pemilihan PSSI.

Meski belum konsentrasi dalam pencalonan, mantan staf ahli Menpora itu mengaku tetap memantau perkembangan pencalonan. Bahkan pihaknya sangat mengapresiasi banyaknya calon Ketua Umum PSSI.

"Ini menunjukkan jika sepak bola itu menarik. Untuk terpilih atau tidak pada KLB 18 April di Surabaya nanti, semuanya tergantung voters. Kami tidak berharap. Terserah voters," katanya menambahkan.

Pria yang juga mantan pemain sepak bola, pada KLB PSSI akan bersaing dengan sang wakil yaitu La Nyalla Mattalitti. Selain itu ada nama Bernhard Limbong, Subardi, M. Zein, Sarman, Syarif Bastaman dan Achsanul Qosasih.

Sikap santai yang diperlihatkan oleh Djohar Arifin Husin memang bukan tanpa alasan karena pria asal Medan itu ternyata juga dicalonkan menjadi Wakil Ketua AFF (federasi sepak bola Asia Tenggara). Sesuai dengan rencana, Kongres AFF akan dilakukan di Kuala Lumpur Malaysia, 25 April nanti.

"Indonesia memang diharapkan menjadi salah satu yang diatas di AFF. Namun, saya belum bisa bicara banyak masalah itu. Saya ingin fokus mensukseskan KLB PSSI," katanya dengan tersenyum.

Sebelumnya, salah satu bakal calon yaitu Bernhard Limbong mengaku siap bersaing menjadi Ketua Umum PSSI. Bahkan, mantan penanggung jawab timnas ini sudah melakukan komunikasi dengan pemilik suara. Hanya saja, Limbong belum menjelaskan dengan detail siapa saja pendukungnya.

"Tunggu saja. Belum saatnya diumumkan. Yang jelas saya terus melakukan komunikasi dengan pemilik suara," katanya.

Pada KLB PSSI di Surabaya nanti hanya ada 106 pemiliki suara yang berhak menyalurkan hal pilihnya. Selain memilih ketua umum, pada kongres tersebut juga akan memilih wakil ketua umum serta anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2015-2019.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015