Jakarta (ANTARA News) - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) merencanakan dua uji coba menjelang pesta olahraga Asia Tenggara (SEA Games) 2015 dengan mengikuti kejuaraan di Thailand dan Singapura.

"Kami belum tahu apakah akan semua atlet turun dalam uji coba itu, atau justru batal karena masih menunggu keputusan dari manajer. Tapi, dari kami para pelatih berharap dapat mengikuti uji coba untuk menambah jam terbang para atlet," kata koordinator pelatih IPSI Indro Catur Haryono di Padepokan Pencak Silat Jakarta, Kamis.

Uji coba di Thailand, lanjut Indro, yaitu pada Kejuaraan Bela Diri Dunia pada 13 Maret dan pada 3-6 April di Singapura uji coba dilakukan dalam kejuaraan pra-SEA Games 2015

Indro mengatakan para pelatih tetap akan melakukan uji coba bagi para atlet dengan mengupayakan keikutsertaan dalam kejuaraan di dalam negeri jika rencana dua uji coba di Thailand dan Singapura batal.

"Kami harus bertemu dengan manajer untuk mendiskusikannya. Uji coba itu bukan untuk meraih hasil karena perolehan hasil baru muncul pada SEA Games nanti," katanya.

IPSI, menurut Indro, tidak merencanakan pemusatan pelatihan di luar negeri menjelang keikutsertaan dalam SEA Games ke-28.

"Tapi, kami pernah melakukan pemusatan pelatihan di Tiongkok pada 2007 dan 2011. Tujuannya untuk meresapi filosofi di Tiongkok yang didukung lingkungan dan menu makanan sehat," katanya.

Selain rencana uji coba, para pelatih IPSI meminta 16 atlet pemusatan pelatihan nasionalnya untuk berlatih di luar lokasi latihan padepokan pencak silat satu kali dalam sepekan.

"Misalnya kami bermain sepak bola atau berenang yang dilakukan pagi atau sore hari, waktu sisanya untuk berlatih sebagaimana biasa," katanya.

Langkah itu, menurut Indro, akan mengurangi kejenuhan para atlet dalam latihan rutin dan mampu meningkatkan kondisi psikologis atlet.

"Justru yang sangat dibutuhkan para atlet saat ini adalah suplemen dan pemeliharaan kesehatan jika mereka cedera atau sakit," katanya.

Sebanyak 16 atlet pelatnas IPSI itu akan turun dalam 13 nomor pertandingan cabang pencak silat SEA Games 2015.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015