Padang (ANTARA News) - Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Gurjit Singh menyampaikan kuliah umum singkat dan berbagi pengalaman kepada mahasiswa Universitas Andalas (Unand) di Kampus Limau Manis Padang, Kamis.

"Kedatangan Dubes India ke Unand ini selain memberikan kuliah umum juga mempromosikan kebudayaan India dalam kegiatan festival India-Indonesia," kata Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Unand, Eriyanty di Padang, Kamis.

Dalam kuliahnya, Dubes India memaparkan beberapa hal terkait kerja sama di berbagai bidang antara Indonesia dan India.

Selain itu, Dubes juga memberikan nasihat kepada mahasiswa yang hadir cara untuk berprestasi dalam pendidikan.

"Kedatangan dubes ini mendapat sambutan positif dari mahasiswa. Hal ini terlihat dari penuhnya gedung Convention Hall tempat penyelenggaraan kuliah ini," katanya.

Ia menambahkan, kedatangan Dubes ini juga bersamaan dengan kehadiran tim atraksi tari Bhangra dari India. Kehadiran tim tari yang terdiri atas sebelas orang laki-laki yang berpakaian tradisional India ini.

Menurut di, hal ini menjadi faktor penarik pengunjung datang mengikuti kuliah tersebut. Sebab tim ini menampilkan sejumlah atraksi dan tarian khas daerah Punjab di India.

"Kuliah umum kali ini memiliki keistimewaan dibanding kuliah sebelumnya," katanya.

Sementara itu, Rektor Unand Werry Darta Taifur menyatakan kegembiraan dengan kehadiran Dubes India serta memberikan apresiasi atas pagelaran festival India dan Indonesia di Unand.

Menurutnya hal ini merupakan bukti adanya perhatian pemerintah India terhadap pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya Unand.

Dia berharap mulai dari kuliah umum ini nantinya akan berlanjut kerja sama antara pemerintah India dengan Unand. Sebagai contoh sebutnya seperti kesempatan mahasiswa Unand menimba ilmu di universitas India atau sebaliknya.

"Atau kerja sama terkait penanaman investasi pemerintah India di Unand," katanya.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015