Padang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, menjanjikan bonus sebanyak Rp25 juta bagi qori dan qoriah yang berhasil menjadi juara pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 tingkat provinsi.

"Bonus itu sengaja kami naikkan dari tahun sebelumnya, begitu juga bagi juara dua dan tiga," kata Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemko Padang, Al Amin di Padang, Jumat.

Ia menjelaskan bonus sebesar itu sebanding dengan perjuangan kontingen Kota Padang untuk bisa mempertahankan gelar juara umum pada ajang nasional di Kota Sawahlunto, Sepetember 2015 itu.

Dikatakannya, menghadapi MTQ ke-36 itu Pemkot Padang sengaja melakukan persiapan lebih awal dengan melakukan pemusatan latihan dan menggelar seleksi.

Ia menambahkan bahwa saat ini qori dan qoriah yang sedang menjalani pemusatan latihan berjumlah 152 orang dan selanjutnya akan diseleksi menjadi 60 orang.

"Ada dua tahap seleksi yang akan dijalani setiap qori dan qoriah sebelum pemusatan terpadu," katanya.

Dikatakannya, seluruh qori dan qoriah tersebut merupakan perwakilan juara dari MTQ tingkat kecamatan di Kota Padang.

Al Amin menambahkan dalam melakukan seleksi dan persiapan akhir, PemkotPadang bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).

Sementara itu, Kasi Bimas Kemenag Padang, M. Sarkoni menambahkan, tahap pertama pemusatan dan latihan akan berlangsung selama tiga hari.

"Pada tahap itu kami akan memantau langsung kemampuan masing-masing qori dan qoriah dengan potensi yang dimilikinya," katanya.

Selanjutnya, kata Sarkoni, pihaknya akan melakukan penyaringan tahap akhir, dan barulah masuk tahap pemusatan latihan terpadu.

Ia mengharapkan dengan bonus yang dijanjikan Pemko Padang tersebut dapat menjadikan motivasi qori dan qoriah lebih meningkat selain itu menjadikan Kota Padang sumber qori dan qoriah nasional.

(KR-AGP)



Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015