Jakarta (ANTARA News) - Indonesia merupakan salah satu dari 12 negara di dunia dengan tingkat penggunaan smartphone lebih tinggi daripada komputer, dengan rasio 28 persen berbanding 15 persen.

Hal itu menjadi salah satu data dalam hasil riset yang dirilis Google sebagaimana diterima ANTARA News, di Jakarta, Jumat.

Sebanyak 62 persen persen pengguna internet di Indonesia mengaku bahwa mereka hanya menggunakan smartphone, dan tidak ada alat lain untuk mengakses internet.

Hal itu membuat Indonesia menempati posisi teratas dalam urusan akses internet eksklusif dari smartphone, yakni yang pertama di Asia dan nomor tiga di dunia.

Selain itu tercatat juga Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan penggunaan smartphone tercepat, dengan peningkatan dua kali lipat dari 14 persen menjadi 28 persen dalam jangka waktu satu tahun berselang.

Account Strategist
Google Indonesia Ricky Tjok menilai dengan pertumbuhan penggunaan smartphone di Indonesia menuntut perusahaan agar aktif dan dapat memastikan adanya akses bagi para konsumen maupun calon konsumen melalui smartphone.

"Dengan hampir sepertiga orang di Indonesia memakai smartphone, perusahaan perlu memastikan bahwa mereka dapat 'bertemu' dengan pelanggan mereka melalui perangkat," tambahnya.

"Sekira 88 persen orang Indonesia memiliki ponsel, dan di masa depan adalah masuk akal jika ponselnya berupa smartphone," pungkas Ricky.


Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015