Jakarta (ANTARA News) - Aliansi Bisnis Eropa-ASEAN (EABA) memandang positif kebijakan investasi yang diberlakukan di Indonesia, yang terus berupaya memperbaiki dan menambah berbagai kemudahan untuk kelancaran usaha di tanah air.

"Kami mewakili perusahaan-perusahaan Eropa yang sudah beroperasi di Indonesia memandang positif terhadap kebijakan-kebijakan yang diputuskan," kata Direktur EABA Sahala Sianipar usai menemui Menteri Perindustrian Saleh Husin di Jakarta, Jumat.

Sahala bersama delegasi bisnis asal Eropa yang telah beroperasi di Indonesia mengaku senang terhadap kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo, yang akan meningkatkan pembangunan infrastruktur.

Menurut Sahala, infrastruktur dapat menjadi jalan untuk Indonesia meningkatkan kinerja investasi maupun usahanya, yang akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

"Kami senang dengan rencana peningkatan infrastruktur, itu penting. Apalagi ada yang sudah mendirikan pabrik di sini. Tentu kami melihatnya untuk beberapa tahun mendatang. Jadi, kami tenang," ujar Sahala.

Sementara itu, Menperin Saleh Husin dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa pihak Eropa sempat menanyakan soal aturan pelarangan penjualan minuman beralkohol di mini market.

"Dengan adanya peraturan yang melarang minuman beralkohol dijual di' mini market' itu menjadi salah satu pertanyaan mereka," kata Menperin.

Untuk itu, lanjut Menperin, pemerintah akan terus meningkatkan kualitas kebijakan terkait investasi maupun usaha di Indonesia.

"Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa setiap keputusan yang akan diambil oleh menteri, harus disampaikan pada rapat kabinet, sehingga tidak berdampak pada kementerian lain," kata Menperin.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015