Pekalongan (ANTARA News) - Tim tamu Persebaya Surabaya, Jatim, berhasil membantai Persip Kota Pekalongan, Jawa Tengah, 5-1 pada pertandingan uji coba di Stadion Kraton Pekalongan, Jumat sore.

Sebanyak lima gol Persebaya diciptakan oleh Otavio Putra pada menit ke-45 dan ke-90, Slamet Nurcahyo (49), Emille Mbamba (57), serta Subo Seto pada menit ke-84 sedang gol Persip diciptakan oleh Elly Eboy pada menit ke-20.

Memasuki babak pertama pertandingan dimulai, kedua kesebelasan mencoba saling melakukan sistem menyerang.

Persip Pekalongan yang mencoba menerapkan sistem bertahan dan memanfaatkan serangan balik mampu mengecoh pemain belakang Persebaya yang dijaga oleh Otavio Putra, Faturahman, dan Dani Saputra.

Pemain Persebaya, Otavio Putra yang berada di kotak pinalti berusaha menghalau bola dengan tangan kanannya sehingga wasit langsung menunjuk kotak penalti.

Elly Eboy yang menjadi eksekutor mampu menceploskan bola ke gawang Persebaya yang dijaga oleh Jendri Pitoy.

Persebaya yang tertinggal berusaha menyamakan kedudukan dengan meningkatkan daya serangan ke lini pertahanan Persip yang dijaga oleh Muhamad Erwin, Sutrisna, dan Risman Maidullah tetapi selalu kandas.

Memasuki babak pertama selesai, Pelatih Persebaya, Ibnu Grahan menggantikan sejumlah anak asuhnya untuk menambah daya serangan.

Strategi Pelatih Persebaya ini ternyata relatif cukup efektif sehingga mampu menciptakan gol ke gawang Persip yang dijaga oleh Ridho Jazuli pada menit ke-45 melalui titik pinalti.

Pada babak kedua dimulai, Persebaya langsung menekan ke lini pertahanan Persip sehingga pertandingan yang baru berjalan empat menit, Persip kembali kebobolan setelah Slamet Nurcahyo melalui aksi individu mampu mencepoloskan bola ke gawang tim berjulk "Laskar Kalong".

Meski sudah unggul 2-1, Persebaya tidak mengurangi daya serangan sehingga pada menit ke-57, Emille Mbamba melalui kaki kanannya mampu menceloskan bola ke gawang Persip.

Pemain Persip yang sudah mulai terlihat kedodoran mampu dimanfaatkan oleh pemain Persebaya dengan menambah daya serang sehingga pada menit ke-84 melalui kaki kanan Subo Seto.

Pemain Persebaya, Otavio Putr melalui kaki kanannya menambah jumlah skor pada menit ke-90 dengan memasukan bola ke gawang Persip.

Pelatih Persip Gatot Barnowo mengatakan memasuki babak pertama, anak asuhnya sudah bermain cukup bagusuntuk meladeni permainan Persebaya.

"Anak asuhnya mampu menciptakan gol ke gawang Persebaya. Hanya saja setelah memasuki babak kedua, anak asuhnya cukup kelelahan sehingga Persebaya mampu memanfaatkan kondisi itu," katanya.

Pelatih Persebaya, Ibnu Grahan mengatakan meski mampu menghempaskan Persip 5-1, manajemen akan melakukan evaluasi terhadap pemain yang akan dipersiapkan pada kompetisi Indonesia Super Liga (ISL).

"Kami akan mengevaluasi para pemain setelah menjalani pertandingan uji coba melawan PSCS Cilacap," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015