Jakarta (ANTARA News) - Ganda campuran andalan Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang akrab disapa Owi/Butet, lolos ke final turnamen Yonex All England Open 2015 setelah menyingkirkan pasangan Denmark.

Owi/Butet menaklukkan pasangan Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen pada semifinal turnamen tingkat Super Series Premier yang berlangsung di Barclaycard Arena Birmingham Inggris itu, Sabtu.

Ganda pelatnas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) itu menang 21-17 dan 21-11 dalam waktu 43 menit atas pasangan ganda campuran peringkat dua dunia itu.

Kedua pasangan saling menyusul perolehan skor pada game pertama. Owi/Butet sempat tertinggal 2-4, 5-6, lalu bangkit setelah skor imbang 8-8 dan unggul 12-8, 15-9, hingga 21-17.

Pada game kedua, kekuatan Owi/Butet semakin tidak terbendung oleh Joachim/Christinna dengan 4-0, kemudian 6-3, 9-7, 12-9, 16-9, hingga 21-11.

"Kami lebih fokus bertanding hari ini dibanding kemarin. Kami mengambil poin satu demi satu dan tidak boleh lengah karena lawan bermain rapi," kata Owi seperti dikutip Tim Humas dan Media Sosial PBSI di Inggris.

Meski telah menyingkirkan pasangan Denmark, Butet mengaku perjuangannya bersama Owi belum tuntas dan harus fokus untuk partai final.

Owi/Butet akan berjumpa dengan pasangan unggulan pertama Zhang Nan/Zhao Yunlei pada final turnamen berhadiah total 500 ribu dolar AS yang akan berlangsung pada Minggu waktu setempat itu.

Kedua pasangan unggulan itu tercatat 10 kali bertemu dengan kedudukan seimbang masing-masing meraih lima kemenangan. Pertemuan terakhir kedua pasangan itu pada turnamen All England 2014 dengan kemenangan Owi/Butet 21-13 dan 21-17.

"Secara teknik sudah seimbang. Bagaimana kami dapat mengolah fokus dan menjaga mental agar tetap baik. Harusnya kami lebih unggul secara mental berdasarkan kemenangan dua game langsung selama dua tahun berturut-turut. Tapi, kami tidak boleh lengah," ujar Butet.




Pewarta: Imam Santoso
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015