Makassar (ANTARA News) - Tuan rumah PSM Makassar berhasil mengalahkan Persela Lamongan dengan skor 4-2 pada laga uji coba di Stadion Gelora Andi Mattalatta Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Empat gol yang tercipta dari tim "Juku Eja" masing-masing dipersembahkan M Rahmat (menit 10), Nemanja Vucicevic (menit 19 dan 26) serta Nenad pada menit ke 60. Sedangkan dua gol balasan Persela Lamongan seluruhnya diborong Bijahil Chakwa pada menit ke 21 dan 30.

Tampil dengan target memenangkan pertandingan membuat kedua tim langsung menerapkan strategi menyerang sejak awal babak pertama. Kondisi itu turut melahirkan sejumlah pemain bagi kedua tim.

Salah satunya didapatkan striker Persela Pedro Javier ketika pertandingan memasuki menit ke delapan. Mantan pemain Persija itu mendapat umpan matang dari sudut kiri pertahanan PSM meski sundulannya masih melebar dari gawang PSM yang dikawal Fauzi Toldo.

Peluang tim tamu langsung direspon tim asuhan Alfred Riedl dua menit berselang. Melalui kerja sama yang cukup apik, M Rahmat yang mendapat umpan dari Syamsul Chaeruddin berhasil lolos dari kawalan pemain bertahan Persela sebelum akhirnya melakukan tendangan yang gagal diantisipasi penjaga gawang Persela.

Unggul 1-0 membuat permainan semakin terbuka. Namun PSM yang tampil dihadapan puluhan ribu suporter setianya justru bisa menggandakan kedudukan pada menit ke 19. Gol ini berawal dari serangan cepat dari sudut kanan pertahanan Persela.

Pemain asal Serbia, Nemanja Vucicev yang mendapat umpan terobosan dari lapangan tengah berhasil keluar dari kawalan kemudian mendorong bola ke depan sebelum melepaskan tendangan ke gawang.

Tendangan pemain bernomor punggung 9 itu membentur salah satu pemain belakang Persela dan mengubah arah bola sehingga mengecoh penjaga gawang Persela Chaerul Huda.

Tertinggal 2-0 membuat Persela tidak punya pilihan untuk terus melakukan serangan. Sikap pantang menyerah itu akhirnya berbuah manis dengan lahirnya gol dari Bijahil Chakwa pada menit ke 21.

Namun skor itu tidak bertahan lama setelah lahirnya gol kedua Nemanja di menit ke 26. Sepak tendangan bebasnya dari luar kotak penalti gagal diantisipasi penjaga gawang Persela.

Persela yang tidak ingin dipermalukan PSM kembali melakukan serangan yang lebih intens. Kondisi itu membuat pemain belakang PSM terpaksa melakukan pelanggaran didekat kotak penalti PSM. Balsa Bozovic yang mengambil ekseskusi itu mengirimkan bola ke area penanti dan berhasil disambut dengan sundulan dari Bijahil sehingga membuat kedudukan menjadi 3-2.

Pesta gol dalam laga uji coba sesama peserta ISL itu akhirnya ditutup melalui gol Nenad Begovic pada menit ke 60. Tendangan bebasnya dari luar kotak penalti menyambar kepala pemain bertahan Persela yang justru meluncur ke dalam gawang tim asal Jawa Timur tersebut.

Asisten Pelatih PSM Makassar, Hans Peter mengatakan seluruh pemain yang diturunkan telah menjalankan instruksinya secara baik. Kemenangan ini semakin memperpanjang hasil maksimal tim asal Makassar itu pada sejumlah uji coba.

"Hasil ini tentu kita harapkan bisa berlanjut saat berlaga di ISL. Kami memang berupaya memenangkan setiap pertandingan demi menjaga motivasi seluruh pemain," ujarnya.

Asisten Pelatih Persela Lamonan Didik Ludianto, mengakui PSM memang tampil lebih baik. Kekalahan ini tentu menjadi evaluasi tim sebelum berlaga di kompetisi sebenarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015